Perbedaan Tingkat Asupan Energi, Protein Dan Zat Gizi Mikro (Besi, Vitamin A, Seng) Antara Anak SD Stunting Dan Non Stunting Di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo

Cahya, Irma Ayumi and , Muwakhidah, SKM, M.Kes and , Elida Soviana, S.Gz., M.Gizi (2014) Perbedaan Tingkat Asupan Energi, Protein Dan Zat Gizi Mikro (Besi, Vitamin A, Seng) Antara Anak SD Stunting Dan Non Stunting Di Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (739kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (318kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (282kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (223kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (712kB)

Abstract

Pendahuluan: Kelompok anak usia sekolah dasar merupakan anak usia 6-12 tahun yang mempunyai pertumbuhan lambat. Asupan zat gizi yang mempengaruhi pertumbuhan anak diantaranya sumber energi, protein, Fe, Vit A dan Zn, jika tidak terpenuhi anak akan tumbuh stunting. Tujuan: penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan tingkat asupan energi, protein dan zat gizi mikro (Fe, Vit A dan Zn) antara anak SD stunting dan non stunting di wilayah Kartasura, Sukoharjo. Metode Penelitian: jenis penelitian bersifat observasional, dengan 64 responden yang terdiri dari 32 anak SD stunting dan 32 anak SD non stunting. Pengumpulan data pengukuran status gizi anak menggunakan indicator TB/U dan recall 24 jam dengan wawancara. Analisis data tingkat asupan energi, protein, Fe, vitamin A dan Zn dengan uji hipotesis statistik Independen Sampel T Test. Hasil: hasil penelitian menunjukkan bahwa di antara seluruh anak SD stunting, 41% defisit energi, 44% defisit protein, 66% defisit Fe, 34% defisit vitamin A dan, 47% defisit Zn, sedangkan pada anak SD non stunting secara berurutan adalah sebesar 3%, 6%, 28%, 22%, 9%. Terdapat perbedaan yang signifikan antara tingkat asupan energi, protein, Fe, Vit A dan Zn pada anak SD stunting dan non stunting dengan nilai (p<0,005). Kesimpulan : Ada perbedaan tingkat asupan energi, protein dan zat gizi mikro (Fe, Vit A dan Zn) antara anak SD stunting dan non stunting di wilayah Kartasura, Sukoharjo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: stunting, Asupan Energi, Protein, Fe, Vitamin A dan Zn
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Nov 2014 12:16
Last Modified: 07 Sep 2022 01:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30971

Actions (login required)

View Item View Item