Perbedaan Aktivitas Fisik Dan Kesegaran Jasmani Antara Anak Yang Memiliki Status Gizi Normal Dan Tidak Normal Di SD Negeri Banyuanyar III Kota Surakarta

Rahmawati, Atika Nur (2014) Perbedaan Aktivitas Fisik Dan Kesegaran Jasmani Antara Anak Yang Memiliki Status Gizi Normal Dan Tidak Normal Di SD Negeri Banyuanyar III Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (813kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (24kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (964kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (935kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (76kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (328kB)

Abstract

Latar Belakang : Diketahui 26,1% penduduk Indonesia diatas 10 tahun ke atas memiliki aktivitas fisik kurang, demikian pula dengan kesegaran jasmani yang hanya 5,15% yang masuk dalam kategori baik dan baik sekali. Dari beberapa kajian, 41,4% kesegaran jasmani pada anak sekolah dasar (6-12 tahun) memiliki tingkat kesegaran jasmani yang kurang. Beberapa kajian penelitian menunjukkan bahwa terdapat kaitan yang erat antara status gizi, aktivitas fisik dan kesegaran jasmani. Tujuan : Untuk mengetahui perbedaan aktivitas fisik dan kesegaran jasmani antara anak sekolah yang memiliki status gizi normal dan status gizi tidak normal di SD Negeri Banyuanyar III Surakarta. Metode : Jenis penelitian ini merupakan penelitian Observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional. Teknik pengambilan sampel dengan proporsional stratified random sampling. Jumlah sampel penelitian 40 anak yang diambil dari kelas III-V. Pengukuran status gizi dengan menggunakan antropometri, aktivitas fisik menggunakan recall 3x24 jam dan kesegaran jasmani menggunakan tes aerobik. Perbedaan aktivitas fisik dan kesegaran jasmani dianalisis dengan menggunakan uji data Independent t-test. Hasil : Hasil penelitian menunjukkan deskripsi karakteristik responden pada siswa SD adalah karakterikstik umur responden sebagian besar 10 tahun (82,5%). Jenis kelamin responden sebagian besar (53,8%) adalah laki-laki. Aktivitas fisik pada anak yang memiliki status gizi normal dan tidak normal adalah sebagian besar memiliki aktivitas fisik ringan. Kesegaran jasmani pada anak yang memiliki status gizi normal dan tidak normal adalah sebagian besar memiliki kesegaran jasmani kurang sekali. Kesimpulan : Tidak terdapat perbedaan aktivitas fisik antara anak yang memiliki status gizi normal dan tidak normal (p=0,495). Terdapat perbedaan kesegaran jasmani antara anak yang memiliki status gizi normal dan tidak normal, dengan kesegaran jasmani pada anak berstatus gizi normal lebih baik (p=0,010).

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Fisik, Kesegaran Jasmani, Status Gizi
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics > RJ101 Child Health. Child health services
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 20 Nov 2014 09:09
Last Modified: 20 Nov 2014 09:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30966

Actions (login required)

View Item View Item