Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Tari Srandul Di Desa Kedungombo Baturetno Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah Th.2014

Muflikhah, Zakiyatun and , Dr. Abdullah Aly, M.Ag. (2014) Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Budaya Tari Srandul Di Desa Kedungombo Baturetno Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah Th.2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (66kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (72kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (144kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (435kB)

Abstract

Kesenian srandul termasuk jenis drama tari yang berasal dari Wonogiri. Kesenian ini berbasis pada drama tradisional kerakyatan dan memberikan tekanan pada unsur kesakralan ritual dan hiburan. Desa Kedungombo Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah, merupakan desa yang masih melestarikan tarian tersebut. Setiap pementasan tari Srandul, terbukti selalu mendapatkan perhatian masyarakat, hal ini dapat dimaklumi karena masyarakat Desa Kedungombo merupakan daerah yang letaknya berada di pinggiran wilayah Kecamatan Baturetno sehingga jauh dari berbagai macam bentuk hiburan. Melihat hal tersebut, penulis tertarik untuk meneliti nilai-nilai pendidikan islam yang ada dalam tari Srandul. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah apa saja nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam budaya tari Srandul di Desa Kedungombo Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah th. 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam budaya tari Srandul. Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Yang menjadi subyek penelitian yaitu kepala desa, pemilik dan penari tari Srandul. Metode penelitian dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara mendalam, dokumentasi. Metode analisis data menggunakan metode analisis data tertata dalam situs untuk diskripsi. Data yang diperoleh dari lapangan akan diolah dengan cara mengumpulkan semua data yang ada. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan, mendapatkan data bahwa nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam Budaya Tari Srandul di Desa Kedungombo Kecamatan Baturetno Kabupaten Wonogiri Provinsi Jawa Tengah antara lain tentang ajaran hormat menghormati orang lain, kewajiban memohon kepada Allah SWT, kewajiban menikah bagi yang sudah dewasa, larangan hubungan di luar pernikahan, larangan perbuatan merusak diri, ajaran hidup rukun, larangan perselingkuhan dan poligami, larangan perbuatan mengejek dan mencemooh, hukuman bagi orang yang berbuat dosa, pertobatan, dan kebebasan hidup.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Nilai Pendidikan, Tari Srandul
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2014 10:09
Last Modified: 19 Oct 2021 13:04
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30898

Actions (login required)

View Item View Item