Peran Wakil Kepala Sekolah Bidang Keislaman Dan Kemuhammadiyahan Terhadap Kegiatan Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta (Tahun Ajaran 2013/2014)

Fathurrahman, Aris and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2014) Peran Wakil Kepala Sekolah Bidang Keislaman Dan Kemuhammadiyahan Terhadap Kegiatan Pendidikan Agama Islam Di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta (Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (745kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB1.pdf

Download (147kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (299kB)
[img]
Preview
PDF (Bab V)
BAB5.pdf

Download (153kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (174kB)
[img] PDF (Lampiran)
lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (588kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (328kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk membentuk manusia agar beriman kepada Allah Swt. yang dilanjutkan dengan amal saleh. Oleh karena itu, pendidikan tidak hanya mentransfer nilai dari seorang guru kepada muridnya. Sekolah adalah pihak ketiga terkait dalam urusan pendidikan dan tidak kalah pentingnya dari keluarga maupun masnyarakat. Sekolah merupakan tempat siswa untuk berinteraksi sekaligus mempelajari banyak hal, sehingga peran guru sangat berpengaruh terhadap perkembangan prilaku maupun keagamaan siswa. SMP Muhammadiyah 1 Surakarta memiliki seorang wakil kepala sekolah di bidang Keislaman dan Kemuhammadiyahan, yang membantu kepala sekolah terkait Pendidikan Agama Islam di sekolah. Adapun permasalahan yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah bagaimanakah peran Wakil Kepala Sekolah bidang Keislaman dan Kemuhammadiyahan terhadap kegiatan pendidikan agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014? Manfaat penelitian ini diharapkan dapat menyajikan informasi ilmiah untuk menambah pengetahuan terkait mutu sekolah dan sebagai rujukan untuk penelitian selanjutnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan analisis deskripsi kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah bidang Keislaman dan Kemuhammadiyahan SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan metode pengumpulan data diantaranya wawancara, observasi, dokumentasi, dan analisis data. Hasil penelitian di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2013/2014 dapat diambil kesimpulan : Wakil Kepala Sekolah bidang Keislaman dan Kemuhammadiyahan mempunyai peran sangat penting dalam pengembangan Pendidikan Agama Islam, yaitu merumuskan rancangan kegiatan Pendidikan Agama Islam, memberi pedoman dalam melaksanakan kegiatan, pengawas sekaligus pelaksana kegiatan Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Peran Wakil Kepala Sekolah, Pendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2014 09:23
Last Modified: 19 Oct 2021 13:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30889

Actions (login required)

View Item View Item