Implementasi Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an (SDITQ) Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2013/2014

Purnawan, M. Dimas Elsa and , Drs. Arif Wibowo, M.Ag. and , Drs. Zainal Abidin, M.Ag. (2014) Implementasi Pendidikan Aqidah Akhlak Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an (SDITQ) Al-Irsyad Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (235kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (149kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (295kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (129kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (537kB)

Abstract

Aqidah Islam berpangkal pada keyakinan kepada Allah SWT, bahwa tiada Tuhan selain Allah dan Muhammad utusan Allah. Akhlak mulia berawal dari aqidah, jika aqidahnya sudah baik maka dengan sendirinya akhlak mulia akan terbentuk sehingga perilaku keagamaannya akan menjadi baik. Iman yang teguh pasti tidak ada keraguan dalam hatinya dan tidak tercampuri oleh kebimbangan. Beriman kepada Allah pasti akan melaksanakan segala perintahnya dan menjauhi larangannya. Beriman kepada Allah juga harus beriman kepada malaikat, Nabi, kitab, hari akhir, qada dan qadar Allah. Permasalahan yang akan dikaji adalah pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an (SDITQ) al-Irsyad Tengaran. Tujuan dalam penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan aqidah akhlak dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di Sekolah Dasar Islam Tahfidzul Qur’an (SDITQ) al-Irsyad Tengaran. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Metode yang digunakan adalah observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif yang dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan dengan pola pikir induktif. Sedangkan yang dijadikan subyek penelitian adalah guru mata pelajaran aqidah akhlak, kepala sekolah SDITQ al-Irsyad Tengaran, siswa SDITQ al-Irsyad Tengaran, dan semua hal yang terkait dengan SDITQ al-Irsyad Tengaran. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa, guru mengaplikasikan kurikulum dengan materi yang diprogramkan, melaksanakan evaluasi untuk mengukur seberapa tingkat pemahaman siswa dengan materi yang sudah diajarkan. Segi perilaku siswa SDITQ al-Irsyad Tengaran sudah mencerminkan perbaikan perilaku keagamaan. Hal ini dibuktikan dengan ketekunan siswa dalam beribadah, sopan dan santun terhadap guru, dapat menjaga kebersihan lingkungan sekolah, dan dapat menjadi siswa berprestasi dengan menjuarai berbagai lomba.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Aqidah Akhlak, Perilaku Keagamaan Siswa, SDITQ al-Irsyad Tengaran.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 18 Nov 2014 09:16
Last Modified: 19 Oct 2021 13:10
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30886

Actions (login required)

View Item View Item