Analisis Terhadap Penyaluran Dana Zakat Guru Dan Pegawai Oleh Lzis Assalaam Surakarta (Studi Kasus di LZIS Assalaam Surakarta)

SUDIONO, IWAN (2014) Analisis Terhadap Penyaluran Dana Zakat Guru Dan Pegawai Oleh Lzis Assalaam Surakarta (Studi Kasus di LZIS Assalaam Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (988kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_1.pdf

Download (134kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (981kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (973kB)
[img] PDF (Bab IV)
8._BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (889kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
9._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (130kB)
[img] PDF (Lampiran )
9R._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (999kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RRR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Civitas PPMI Assalaam terdiri dari pimpinan pondok, pejabat struktural dibawah level pimpinan, para dewan guru, pegawai atau karyawan, tenaga pengabdian dan para santri. Jumlah seluruh guru dan pegawai PPMI Assalaam pada periode januari 2014 mencapai 372 orang. Yang terdiri dari 174 guru dan 198 pegawai. Sebelum resmi menjadi guru dan pegawai PPMI Assalaam terdapat surat perjanjian kontrak kerja yang mengikat. Didalam surat kontrak kerja ada poin-poin yang harus disepakati oleh kedua pihak, salah satu poin tersebut adalah menyebutkan adanya potongan 2,5% dari gaji untuk dikelola kepada LZIS Assalaam. Rumusan masalah adalah apakah penyaluran dana zakat guru dan pegawai oleh LZIS Assalaam tahun 2013 sudah sesuai dengan hukum Islam. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penyaluran dana zakat guru dan pegawai oleh LZIS Assalaam dan untuk mengetahui penyaluran tersebut sudah sesuai dengan hukum Islam mengenai penyaluran zakat atau belum. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dan memakai pendekatan sosiologis yang bertempat di PPMI Assalaam. Subjek dari penelitian ini adalah Bapak Dwi Jaka Siswanta sebagai pengawas LZIS Assalaam, adapun metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Langkah yang dilakukan dalam penelitian kali ini pertama-tama, data-data hasil wawancara dan dokumentasi disusun sesuai kategori tema bahasan. Kemudian langkah yang kedua hasil pengkategorian sesuai tema bahasan tadi ditinjau atau dikoreksi dengan data yang berasal dari data bab II yang berisi penyaluran zakat menurut hukum Islam. Langkah ketiga membahas dan memberikan penilaian terhadap data-data hasil wawancara dan dokumentasi yang sudah ditinjau dengan hukum Islam seperti pada langkah yang kedua, dengan penilaian apakah sudah sesuai dengan hukum Islam atau bertentangan. Jadi LZIS Assalaam dalam menyalurkan dana zakatnya yaitu berdasarkan pada program-program layanan yang sudah dibuat oleh LZIS Assalaam. program-program tersebut sudah dilaksanakan untuk golongan-golongan mustahik zakat yang terdapat dalam surat At-Taubah ayat 60, yaitu: Fakir dan miskin 63%,Amil 8%,Gharimin 12%,Sabilillah 18 %,Ibnu sabil 0,03%. Golongan mustahik fakir dan miskin menjadi golongan mustahik yang paling banyak dalam penyaluran dana zakat dari program-program layanan LZIS Assalaam sebanyak 63%.,golongan sabilillah menjadi golongan mustahik terbanyak kedua sebanyak 18%.,golongan gharimin menempati urutan ketiga sebanyak 12%,g olongan amil menempati urutan keempat sebanyak 8%,golongan ibnu sabil menempati urutan kelima sebanyak 0,03%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Dana Zakat, LZIS, PPMI Assalaam, Mustahik.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Fakultas Agama Islam > Hukum Ekonomi Syariah (HES)
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 17 Nov 2014 13:06
Last Modified: 17 Nov 2014 14:28
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30875

Actions (login required)

View Item View Item