Nilai–Nilai Pendidikan Yang Terdapat Dalam Kisah-Kisah Binatang (Telaah Qs. An-Naml Ayat 17-19)

Sari, Ratna and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. (2014) Nilai–Nilai Pendidikan Yang Terdapat Dalam Kisah-Kisah Binatang (Telaah Qs. An-Naml Ayat 17-19). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (20kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (111kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (23kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._ARTIKEL_PUBLIKASI.pdf

Download (722kB)

Abstract

Kisah binatang dalam al-Qur’an merupakan salah satu tanda keagungan Allah Swt yang memiliki peran penting dalam sejarah. Salah satunya kisah nabi Sulaiman dan semut yang kisahnya tertuang dalam Surat An-Naml ayat 17-19 kaya akan makna dan hikmah yang dapat dipelajari dari sisi baiknya. Pendidikan dalam keluarga dapat diaplikasikan melalui penceritaan kisahkisah yang dapat menginspirasi anak untuk berbuat dan berkembang ke hal-hal yang positif. Bertolak dari latar belakang di atas dapat dirumuskan permasalahan yang akan diteliti yaitu bagaimana kisah nabi Sulaiman dan semut dan juga nilai-nilai pendidikan apa saja yang dapat diambil dalam QS.an-Naml: 17-19?. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan kisah nabi Sulaiman dan semut, serta mengetahui, memahami, mencari dan juga mengambil pesan atau nilai-nilai pendidikan yang terkandung dalam surat an-Naml ayat 17-19. Skripsi ini dikategorikan dalam penelitian kualitatif, termasuk dalam penelitian dokumenter dengan menyelidiki benda-benda tertulis, kajian terhadap al- Qur’an dan buku-buku pendukung. Penggunaan tafsir dengan menggunakan Tafsir Ibnu Katsir, Tafsir al-Maraghi, dan Tafsir Al-Azhar. Analisis data dengan metode induktif dan penafsiran atau interpreasi yaitu penerapan metode penafsiran dengan menggunaan analisis yang disebut content analysis yang bersifat pembahasan mendalam terhadap isi suatu informasi tertulis. Adapun kesimpulan yang dapat ditarik dalam penelitian ini yaitu: 1) nilai pendidikan aqidah: a. keyakinan semut-semut akan Allah swt sebagai Sang pemberi kehidupan dan pelindung dari bahaya. 2) nilai pendidikan ibadah: a. Sikap teladan nabi Sulaiman di mana Allah swt memberikan kelebihan dari manusia-manusia lain. Beliau selalu berdoa atas apa yang diterima dan tidak sekalipun mengingkari nikmat- Nya. b. Keyakinan nabi Sulaiman terhadap Allah swt yang telah memberinya karunia yang begitu besar, akan tetapi beliau tidak pernah melupakan pemberian-Nya dan selalu memanjatkan syukur. c. . Masyarakat semut adalah salah satu makhluk Allah yang senantiasa selalu bertasbih kepada-Nya. 3) nilai pendidikan akhlak: a. Semut merupakan hewan yang tidak egois dan saling menolong. b. Semut merupakan jenis hewan cinta sesama. c. Semut, hewan yang penuh kesabaran dan ketabahan. d. Semut merupakan hewan yang tidak mempunyai prasangka buruk.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: nilai, pendidikan Islam, binatang.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2014 07:09
Last Modified: 19 Oct 2021 13:35
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30847

Actions (login required)

View Item View Item