Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Studi Di Desa Blumbang, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali)

Utari, Dian and , Dr. Badaruddin, M.Ag. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2014) Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Nilai Pendidikan Islam Dalam Keluarga (Studi Di Desa Blumbang, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (653kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04_BAB_I.pdf

Download (65kB)
[img] PDF (Bab II)
05_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
06_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (76kB)
[img] PDF (Bab IV)
07_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img] PDF (Bab V)
08_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (284kB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam sangat penting untuk ditanamkan kepada anak sejak usia dini dalam keluarga. Peran orang tua sangat penting dalam membentuk kepribadian anak berdasarkan ajaran agama. Orang tuamempersia pkan bekal selengkap-lengkapnya kepada anak dengan memperkenalkan pola tingkah laku, keyakinannya dan nilai-nilai yang dianut oleh masyarakat serta mempelajari peranan yang diharapkan akan dijalankan oleh anak-anak kelak. Oleh karena itu, sangat penting ba gi orang tua untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam keluarga.Nilai-nilai yang ditanamkan oleh orang tua kepada anak meliputi: nilai akidah, ibadah, dan akhlak. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penulis dapat merumuskan masalahnya yaitu bagaimana peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam keluarga di desa Blumbang RT 07 dan RT 08 RW 02, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali. Adapun tujuan penelitian yang akan dilakukan adalah untuk mendeskripsikan peran orang tua dalam menanamkan nilai-nilai pendidikan Islam dalam keluarga di Desa Blumbang, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali. Manfaat penelitian ini, yaitu menambah khasanah pengetahuan tentang pentingnya menanamkan pendidikan Islam dalam keluarga. Segi edukatif, diharapkan dapat menambah dan memperkaya wawasan orang tua dankeluargadalam hal pendidikan anak, khususnya penanaman rasa keagamaan pada anak.Segi psikologis, diharapkan mampu merubah dan memperbaiki sikap sebagian orang tua yang kurang memperhatikan pendidikan agama anaknya terutama didalam keluarga. Sesuai dengan masalah dan tujuan penelitian, maka penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua dan guru TPA. Metode pengumpulan data yang dipakai adalah metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini, dapat diperoleh kesimpulan bahwa orang tua di Desa Blumbang RT 07 dan RT 08RW 02, Kecamatan Klego, Kabupaten Boyolali memiliki peran dalam menanamkan nilai akidah, nilai ibadah, dan nilai akhlak kepada anak sejak usia dini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: peran orang tua, nilai pendidikan Islam
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2014 07:01
Last Modified: 19 Oct 2021 13:34
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30846

Actions (login required)

View Item View Item