Optimalisasi Fungsi Pembimbing Akademik Bagi Sukses Studi Mahasiswa (Studi Empiris Pada Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011)

Hidayatulloh, Lovita Ivan and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. (2014) Optimalisasi Fungsi Pembimbing Akademik Bagi Sukses Studi Mahasiswa (Studi Empiris Pada Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta Angkatan 2011). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (169kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (266kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (497kB)

Abstract

Penelitian ini menginvestigasi fungsi pembimbing akademik dalam mengoptimalkan sukses studi mahasiswa angkatan 2011 di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta. Penelitian ini termasuk ke dalam jenis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian yang prosedurnya menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati (Moloeng, 2006: 135). Dengan teknik wawancara, observasi dan dokumenter sebagai metode pengumpulan data. Analisis deskriptif sebagai metode analisis data menggunakan pola berfikir deduktif, yang pengujian kebenaran data di lapangan dilakukan dengan merujuk kepada kriteria, yang dalam penelitian ini adalah standar operasional prosedur (SOP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Pertama, pembimbingan akademik memiliki peran yang sangat penting bagi perguruan tinggi, selain dapat memperkembangkan pribadi mahasiswa, juga dapat memotivasi mahasiswa dalam percepatan penyelesaian studinya, serta dapat membantu mengatasi problemaproblema akademik dan sosial-pribadinya. Kedua, optimalisasi peran Pembimbing Akademik (PA) dalam sukses studi mahasiswa angkatan 2011 FAI UMS dalam penerapannya, secara kuantitas dapat diketahui persentasenya 42 %, (indikator lemah) dengan pengertian bahwa PA di FAI UMS belum maksimal dalam mengupayakan sukses studi bagi mahasiswa angkatan 2011. Ketiga, dari lima tugas dan kewajiban PA di FAI UMS, yang memiliki indikator tinggi adalah point pertama yaitu membantu menyusun rencana studi, presentasenya 90 %, dan point kedua yaitu memberikan pertimbangan terhadap jumlah SKS, presentasenya 86 %. Sedangkan tugas dan kewajiban PA point ketiga, keempat dan kelima yaitu membimbing dalam aktivitas akademik, membantu menyelesaikan persoalan akademik dan berkonsultasi pada pimpinan program studi/fakultas, presentasenya hanya 52 % (indikator sedang), dengan pengertian bahwa PA di FAI UMS belum maksimal dalam menjalankan tugas dan kewajiban point ketiga, keempat dan kelima. Keempat, bimbingan akademik di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Surakarta, akan menjadi optimal apabila semua lini dalam lembaga tersebut yaitu mahasiswa, PA dan pimpinan fakultas maupun universitas ikut serta berperan aktif dalam mensukseskan layanan bimbingan akademik. Kelima, PA FAI UMS dalam tugas dan kewajibannya menurut ukuran yang dikehendaki oleh Universitas Muhammadiyah Surakarta secara pararel telah memenuhi/sesuai dengan SOP yang telah ditetapkan, akan tetapi untuk ukuran ideal dari konstruk teori bimbingan akademik belum maksimal dalam menjalankan SOP yang ada.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: optimalisasi fungsi, Pembimbing Akademik, dan sukses studi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 15 Nov 2014 06:51
Last Modified: 19 Oct 2021 13:33
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30845

Actions (login required)

View Item View Item