Peran Guru Pendidikan Agama Islam Kelas X Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Di SMA Muhammadiyah 1 Blora Tahun Pelajaran 2013/2014

Azizi, Wildan and , Drs. Ari Anshori, M.Ag. and , Drs. Zainal Abidin, M.Pd. (2014) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Kelas X Dalam Menerapkan Pendidikan Karakter Di SMA Muhammadiyah 1 Blora Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (50kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (80kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (7kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (250kB)

Abstract

Sekolah memiliki tanggung jawab yang besar dalam membantu siswa agar berhasil dalam belajar. Oleh karena itu, sekolahmemberikan bantuan berupa penanamanpendidikan karakter atau pendidikan akhlak. Penanaman Pendidikan karakter sangat penting karena proses pendidikan yang selama ini dilakukan belum sepenuhnya berhasil dalam membentuk manusia yang berkarakter. Guru Pendidikan Agama Islam merupakan seorang pendidik yang mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai keislaman serta membimbing peserta didik kearah kedewasaan dan pembentukan remaja yang berkepribadian muslim yang berakhlak mulia. Berdasarkan latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalah bagaimana peran guru pendidikan Agama Islam kelas x dalam menerapkan pendidikan karakter di SMA Muhammadiyah 1 Blora. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru pendidikan agama Islam dan mendiskripsikan penerapan pendidikan karakter Penelitian ini merupakan penelitian diskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi SMA Muhammadiyah 1 Blora sebagai objek penelitian. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, pengamatan/observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara induktif yaitu cara berfikir untuk mengambil kesimpulan yang berangkat dari masalah yang bersifat khusus ke masalah-masalah yang bersifat umum. Peneliti menyimpulkanPertama, Peran guru Pendidikan agama Islam sebagai Informator, organisator, Inisiator, dan Fasilitator. Kedua Penerapan Pendidikan Karakter di SMA Muhammadiyah 1 Blora mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi serta siswa dapat bersikap dan berperilaku yang sopan, disiplin dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas dan siswa dapat mempraktikannya dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga maupun masyarakat. Peran guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan pendidikan karakter. Pertama upaya preventif atau pencegahandengan diadakannya pembinaan sikap beragama melalui pelajaran Pendidikan Agama Islam, Kemuhammadiyahan, dan Akhlak, pembinaan sikap tanggung jawab sosial seperti HW( Hisbul Wathon), dan program pengamalan (sholat, menutup aurat, dll).ekstra, qira’ah, HW(Hisbul Wathon), BTA( baca tulis al-Qur’an), dan kegiatan jum’at. Kedua upaya kuratif yaitu melalui kegiatan-kegiatan seperti HW( Hisbul Wathon), BTA(baca tulis al-Qur’an), jum’at pembinaan, membaca Al- Qur’an di pagi hari, sholat dhuha, sholat berjama’ah, dan sebagainya dalam rangka membentuk akhlak atau sikap siswa sesuai dengan ajaran agama Islam.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Guru pendidikan Agama Islam dan Pendidikan Karakter.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Nov 2014 13:01
Last Modified: 19 Oct 2021 13:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30841

Actions (login required)

View Item View Item