Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2013/2014

Fitriani, Pristisa Nur (2014) Penggunaan Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Birrul Walidain Sragen Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (58kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (42kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img] PDF (Bab VI)
09._BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
10._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (10kB)
[img] PDF (Lampiran)
11._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Media pembelajaran merupakan sumber belajar yang dapat meningkatkan perhatian siswa terhadap materi belajar dan mempermudah guru dalam mengajar sehingga tercipta lingkungan belajar efisien dan kondutif. Fungsi utama media pembelajaran adalah sebagai alat bantu mengajar yang turut mempengaruhi iklim, kondisi dan lingkungan belajar. dengan adanya media siswa lebih termotivasi mengikuti pembelajaran tanpa motivasi, sangat mungkin pembelajaran tidak menghasilkan belajar. Permasalahan yang dapat diangkat dalam penelitian ini adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam dalam meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VII SMP Birrul Walidain Sragen dan apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Sedangkan tujan dari dilaksanakannya penelitian ini ialah untuk mengetahui dan mengkaji sejauh mana penggunaan media pembelajaran pendidikan agama Islam dalam proses pembelajarannya serta usaha guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan metode dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis hasil penelitian ini, digunakan analisis diskriptif kualitatif yang akan diperoleh melalui observasi dan wawancara serta mengambil kesimpulan dan verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diketahui bahwa penggunaan media pembelajaran di SMP Birrul Walidain Sragen telah membantu dan memudahkan guru dalam mengajar serta dapat memotivasi siswa dalam mengikuti proses pembelajaran sehingga tercipta suasana pembelajaran yang variatif, kondusif dan menyenangkan. Di dalam mengajar guru mengadakan bervariasi dalam mengajar yaitu dengan menggunakan metode active learning dan memafaatkan media pembelajaran misal dalam mengajar guru menampilkan slide dan setiap siswanya menggunakan laptop secara mandiri. Dengan cara seperti ini untuk melatih para siswa agar lebih aktif dan membangkitkan keinginan untuk lebih giat belajar. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran mempunyai peran penting dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Selain itu bertujuan untuk menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bervariatif serta mewujudkan efektivitas dan efisiensi dalam proses pembelajaran.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penggunaan media pembelajaran, meningkatkan motivasi belajar siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Nov 2014 12:10
Last Modified: 14 Nov 2014 14:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30834

Actions (login required)

View Item View Item