Pengaruh Senam Aerobik Low Impact Terhadap Penurunan Dysmenorrhea Primer Pada Mahasiswi Diploma IIII Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta

Nurjanah, Ana Afita Afiah (2014) Pengaruh Senam Aerobik Low Impact Terhadap Penurunan Dysmenorrhea Primer Pada Mahasiswi Diploma IIII Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (39kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (132kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (61kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (477kB)

Abstract

Latar Belakang : Dysmenorrhea adalah nyeri haid yang merupakan suatu gejala dan bukan suatu penyakit dan banyak wanita mengalaminya. Gejala yang dirasakan berupa rasa nyeri di perut bagian bawah, kadang disertai sakit kepala, diare, mulas, mual dan muntah sebelum atau selama menstruasi. Salah satu terapi yang dapat dilakukan untuk mengurangi dysmenorrhea adalah dengan melakukan latihan senam aerobik low impact. Tujuan : Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh senam aerobik low impact terhadap penurunan dysmenorrhea primer pada mahasiswi Diploma III Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta. Metode : Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi eksperimental dengan pendekatan pre and post test with control group design. Responden pada penelitian ini yaitu Mahasiswi Diploma III Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta dengan jumlah responden sebanyak 26 responden yang diambil secara purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji statistik non parametrik berupa uji pengaruh menggunakan uji Wilcoxon dan uji beda pengaruh menggunakan uji Mann Whitney. Hasil : Pada penelitian ini responden mengalami penurunan nyeri yang cukup signifikan bisa dilihat dari p = 0,004 dan nilai mean untuk penurunan skala dysmenorrhea pada responden yang diberi perlakuan senam aerobik low impact sebesar 19.00, sedangkan pada kelompok kontrol yang tidak diberikan perlakuan senam aerobik low impact didapatkan p = 0,317 dan nilai mean penurunannya sebesar 8.00. Adapun uji beda pengaruh antara kelompok senam aerobik low impact dan kelompok kontrol sebesar p = 0,000. Kesimpulan : Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh senam aerobik low impact terhadap penurunan dysmenorrhea primer pada mahasiswi Diploma III Fisioterapi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Senam Aerobik Low Impact, Dysmenorrhea Primer
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 14 Nov 2014 08:11
Last Modified: 14 Nov 2014 08:32
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30825

Actions (login required)

View Item View Item