Pengaruh Respiratory Muscle Stretch Gymnastics (RMSG) Terhadap Peningkatan Mobilitas Dinding Dada Pada Penderita Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK)

Fajriah, Santy Nur and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc and , Yulisna Mutia Sari, SSt.FT., M.Sc (GRS (2014) Pengaruh Respiratory Muscle Stretch Gymnastics (RMSG) Terhadap Peningkatan Mobilitas Dinding Dada Pada Penderita Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (18MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (160kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (38kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (77kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (34kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (11MB)

Abstract

Latar Belakang: Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK) adalah suatu penyakit dengan karakteristik terbatasnya aliran udara yang tidak sepenuhnya reversibel. Salah satu permasalahan yang ditimbulkan akibat PPOK adalah penurunan mobilitas dinding dada, hal ini disebabkan karena spasme otot pernapasan sebagai akibat dari kelelahan otot pernapasan. Salah satu intervensi fisioterapi yang dapat diterapkan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas dinding dada adalah Respiratory Muscle Stretch Gymnastics (RMSG), yaitu suatu desain latihan peregangan otot pernapasan yang bertujuan untuk mengulur otot inspirasi dinding dada ketika inspirasi dan otot ekpirasi dinding dada ketika ekspirasi. Dimana stretching (peregangan) adalah suatu gerakan terapeutik yang bertujuan untuk memanjangkan struktur jaringan lunak yang memendek. Tujuan Penelitian: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh RMSG terhadap peningkatan mobilitas dinding dada pada penderita PPOK. Metode Penelitian: Penelitian ini menggunakan metode Quasi Experiment dengan desain penelitian Pre Test and Post Test with Control Group Design. Responden dalam penelitian ini adalah pasien di Balai Besar Kesehatan Paru Masyarakat (BBKPM) Surakarta dan dilakukan pada bulan Mei-Juni 2014 dengan total sampel berjumlah 10 orang, diambil dengan menggunakan teknik Purposive Sampling, pengukuran mobilitas dinding dada dengan menggunakan midline. Hasil: Uji pengaruh menggunakan Wilcoxon Test, pada kelompok ekperimen diperoleh hasil p = < 0,05 yang berarti bahwa ada pengaruh RMSG terhadap peningkatan mobilitas dinding dada pada penderita PPOK. Sedangkan pada kelompok kontrol diperoleh hasil p = > 0,05, menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh terhadap peningkatan mobilitas dinding dada. Sedangkan uji beda pengaruh menggunakan Mann-Whitney diperoleh hasil p = < 0,05, menunjukkan bahwa ada perbedaan pengaruh antara kelompok eksperimen dan kontrol. Kesimpulan: Ada pengaruh RMSG terhadap peningkatan mobilitas dinding dada pada penderita PPOK.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Penyakit Paru Obstruksi Kronik (PPOK), Respiratory Muscle Stretch Gymnastics (RMSG), Mobilitas Dinding Dada
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2014 11:02
Last Modified: 09 May 2016 06:22
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30810

Actions (login required)

View Item View Item