Pengaruh Latihan Aerobik Intensitas Ringan Dan Sedang Terhadap VO2 Maks Pada Perokok Aktif Karyawan KUD Mojosongo Kabupaten Boyolali

Hidayati Zein, Renni and , Dwi Rosella K, S.St FT., M.Fis and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, (2014) Pengaruh Latihan Aerobik Intensitas Ringan Dan Sedang Terhadap VO2 Maks Pada Perokok Aktif Karyawan KUD Mojosongo Kabupaten Boyolali. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
1._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (5MB)
[img] PDF (Bab I)
2._BAB_I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] PDF (Bab II)
3._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (345kB)
[img] PDF (Bab III)
4._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img] PDF (Bab IV)
5._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] PDF (Bab V)
6._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
7._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
8._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
10._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

(Dibimbing oleh : Dwi Rosella K, SSt.FT, M.Fis dan Agus Widodo, SSt.FT) Latar Belakang : Meningkatnya prevalensi merokok di negara-negara berkembang termasuk Indonesia menyebabkan masalah rokok menjadi serius. Data epidemiologi global menunjukkan bahwa rokok membunuh lebih dari lima juta orang di dunia setiap tahunnya akibat penyakit kanker paru, penyakit jantung maupun penyakit lain terkait rokok. Seseorang yang merokok pasti akan mengalami penurunan kadar VO2 max didalam tubuh. Salah satu cara untuk meningkatkan kadar VO2 max pada perokok aktif adalah dengan melakukan latihan aerobik intensitas ringan dan intensitas sedang. Tujuan Penelitian : Untuk mengetahui pengaruh latihan aerobik intensitas ringan dan sedang terhadap VO2 max pada perokok aktif karyawan KUD Mojosongo Kab. Boyolali. Metode Penelitian : Penelitian ini merupakan penelitian bersifat Quasi eksperimental dengan desain penelitian time series. Dimana sampel dibagi dalam 2 kelompok, yaitu : kelompok perlakuan I diberikan latihan aerobik intensitas ringan dan perlakuan II latihan aerobik intensitas sedang. Sampel penelitian adalah perokok aktif karyawan KUD Mojosongo yang berusia 20-40 tahun. Jumlah sampel yang dilibatkan 28 responden dimana pada masingmasing kelompok berjumlah 14 responden. Pengukuran VO2 max menggunakan uji six minute walking, dengan analisis data menggunakan uji t-test. Hasil Penelitian :Setelah 4 minggu penelitian berdasarkan penguji statistik didapatkan hasil yang signifikan pada kelompok perlakuan latihan aerobik intensitas ringan dengan nilai p=0,012 dan pada kelompok perlakuan latihan aerobik intensitas sedang dengan nilai p=0,011. Jadi ada pengaruh berupa peningkatan kadar VO2 max pada perokok aktif yang melakukan latihan aerobik intensitas ringan dan intensitas sedang. Kesimpulan :Pemberian latihan Aerobik intensitas ringan dan intensitas sedang dapat membantu meningkatkan kadar VO2 max pada perokok aktif.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: latihan aerobik intensitas ringan, intensitas sedang, perokok aktif.
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2014 07:04
Last Modified: 09 May 2016 06:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30806

Actions (login required)

View Item View Item