Hubungan Lama Latihan Aerobic Menggunakan Permainan Dance Dance Revolution (DDR) Terhadap Nilai VO2 Maks Pada Komunitas DDR Di Surakarta

Paramudita, Danar and , Isnaini Herawati, SSt. FT, M. Sc and , Sugiono S.Fis.MH.Kes (2014) Hubungan Lama Latihan Aerobic Menggunakan Permainan Dance Dance Revolution (DDR) Terhadap Nilai VO2 Maks Pada Komunitas DDR Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (154kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (178kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (687kB)

Abstract

Latar Belakang: Model latihan aerobik salah satunya adalah aerobic dancing. Konami Digital Entertainment Co, Ltd pada tahun 1998 menciptakan latihan fisik ke dalam video game yang disebut Dance Dance Revolution (DDR). Latihan aerobik menggunakan DDR akan melibatkan berbagai organ tubuh yaitu jantung, peredaran darah, dan pernapasan. Kapasitas vital paru sangat berpengaruh pada kesegaran jasmani seseorang. Salah satu cara menilai kebugaran seseorang adalah dengan mengukur VO2 maks. Tujuan Penelitian: Mengetahui hubungan lama latihan aerobik menggunakan permainan Dance Dance Revolution (DDR) terhadap nilai VO2 maks pada komunitas DDR di Surakarta. Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan observasional dengan pendekatan Cross Sectional. Pelaksanaan penelitian dilakukan pada komunitas DDR di Surakarta sebanyak 60 orang. Design penelitian ini dengan Point Time Approach dimana subyek penelitian diobservasi sekali dan pengukuran dilakukan menggunakan Cooper Test. Analisa data yang digunakan pada penilitian ini adalah uji korelasi Pearson-Product Momment. Hasil Penelitian: Pengukuran nilai VO2 maks menggunakan Cooper Test pada komunitas DDR di Surakarta didapatkan hasil yang signifikan. Hasil uji Korelasi antara lama latihan aerobik menggunakan permainan DDR terhadap nilai VO2 maks diperoleh sig. (2-tailed) 0,000 dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,720, sehingga disimpulkan ada hubungan kuat lama latihan aerobik menggunakan permainan DDR terhadap nilai VO2 maks pada komunitas DDR di Surakarta. Kesimpulan: Lama latihan aerobik menggunakan permainan DDR terhadap nilai VO2 maks pada komunitas DDR di Surakarta terdapat adanya hubungan yang kuat dan signifikan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Latihan Aerobik, Dance Dance Revolution, VO2 maks.
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 13 Nov 2014 06:43
Last Modified: 09 May 2016 06:00
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30804

Actions (login required)

View Item View Item