Efektifitas Penerapan Metode Jigsaw Learning Dan True Or False Dalam Pembelajaran Fiqh (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012)

SAHID , RIZQY MAULANA (2014) Efektifitas Penerapan Metode Jigsaw Learning Dan True Or False Dalam Pembelajaran Fiqh (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (893kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (297kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (240kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (600kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (188kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (383kB)

Abstract

Metode merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam dunia pendidikan termasuk Pendidikan Agama Islam. Suatu kegiatan belajar mengajar tidak lengkap jika tidak memiliki metode atau cara yang tepat dalam pembelajaran. Tanpa pengajaran yang baik kegiatan belajar mengajar tidak akan mencapai tujuan yang diharapkan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah Seberapa efektifkah perbedaan penerapan Metode jigsaw learning dan true or false dalam pembelajaran Fiqh kelas VIII di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan keefektifan penggunaan Metode jigsaw learning dan true or false untuk memotivasi siswa bila diterapkan dalam pembelajaran Fiqh kelas VIII di SMP muhammadiyah 5 Surakarta tahun ajaran 2011/2012. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis adalah penelitian ini diharapkan dapat menambah wawasan dan khasanah keilmuan terutama dalam ilmu pendidikan dan pengajaran Pendidikan Agama Islam, lebih khusus lagi untuk pelajaran Fiqh. Sedangkan secara praktis adalah dapat dijadikan masukan, sumbangan pemikiran dan sebagai bahan pertimbangan dalam pengembangan dan pembinaan Pendidikan Agama Islam di SMP 5 Surakarta maupun SMP lainnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan yang bersifat yang mengutamakan studi deskripsi Ditinjau dari objeknya, penelitian ini termasuk penelitian lapangan, karena data-data yang diperlukan untuk menyusun karya ilmiah ini diperoleh dari lapangan yaitu di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta.Untuk dapat memperoleh data dalam penelitian ini, penulis menggunakan treatment, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis datanya adalah deskriptif kuantitatif. Peneliti menyimpulkan bahwa penerapan metode true or false lebih efektif daripada metode jigsaw learning dalam pembelajaran Fiqh di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta 2011/2012, hal ini dapat dilihat dari hasil hitung kuantitatif sebagai berikut: Setelah dihitung, t-tes diperoleh to sebesar 3,937 kemudian angka tersebut dibandingkan dengan t table distribusi sampling dengan df = N-2 = 38 – 2 = 36. Karena di dalam tabel tidak ditemukan angka 37 maka mendekati adalah angka 35 pada taraf signifikansi 5%, ttabel= 2,03 dan pada taraf signifikasi 1% ttabel=2,72. Karena to telah kita peroleh sebesar 3,937; sedangkan ttabel =2,03 dan ttabel=2,72 maka to adalah lebih besar dari ttabel pada taraf signifikasi 1%. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan ada perbedaan efektifitas antara dua strategi yang berbeda yaitu antara strategi jigsaw learning dan true or false. Dari sini dapat diambil kesimpulan, bahwa metode true or false lebih efektif diguakan dalam pembelajara Fiqih di kelas VIII SMP Muhammadiyah 5 Surakarta tahun 2011/2012.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: metode pembelajaran, jigsaw learning, true or false dan efektifitas
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 12 Nov 2014 11:59
Last Modified: 12 Nov 2014 14:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30788

Actions (login required)

View Item View Item