Efektivitas Tutorial Terhadap Prestasi Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN I Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014)

Asriningsih, Puput Tri and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2014) Efektivitas Tutorial Terhadap Prestasi Siswa (Studi Di Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN I Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_BAGIAN_DEPAN.pdf

Download (970kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (166kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (253kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (95kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (173kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (8kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (821kB)

Abstract

Kegiatan belajar mengajar merupakan inti dari keseluruhan program pendidikan di sekolah. Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN I Surakarta diterapkan pembelajaran tutorial untuk meningkatkan prestasi siswa. Tutorial adalah pembimbingan kelas oleh seorang guru yang diikuti oleh siswa. Tutorial di MAPK MAN 1 Surakarta dilaksanakan setiap hari senin sampai dengan hari kamis pada pukul 14.30-17.00. Berdasarkan latar belakang tersebut tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui: (1) efektivitas tutorial di Madrasah Aliyah Program Keagamaan Surakarta dalam meningkatkan prestasi siswa, (2) faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pelaksanaan tutorial di Madrasah Aliyah Program Keagamaan MAN I Surakarta. Penelitian dilakukan di MAPK MAN I Surakarta pada tanggal 14 Mei s/d 3 Juni 2014. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini diambil dari 3 kelas, yaitu kelas XI.Pk.Pa, Xi.Pk.Pi.1 dan Xi.Pk.Pi.2. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Tutorial yang dilaksanakan di MAPK Surakarta efektif, ditunjukkan dengan tercapainya indikator-indikator berikut ini: a. Guru menguasai materi dan menyampaikan materi pembelajaran tutorial dengan baik, b. Siswa mengikuti dan memahami pembelajaran tutorial dengan baik, c. Prestasi siswa baik dan memuaskan, baik prestasi akademik maupun non akademik; (2) Faktor pendukung dalam tutorial yaitu; a. Tutorial merupakan program khusus yang ada di MAPK dan merupakan salah satu misi sekolah untuk melaksanakan tutorial, sehingga siswa wajib mengikuti tutorial, b. Keadaan lingkungan dan suasana kelas yang kondusif untuk melaksanakan pembelajaran tutorial, c. Sekolah yang berbasis Islam dan materi pendidikan Islam lebih diutamakan dalam tutorial, sehingga dapat membantu siswa lebih mudah memahami pelajaran pagi yang lebih banyak pelajaran berbasis Islam daripada umum, d. MAPK memiliki guru-guru yang kompeten sesuai dengan materi yang diajarkan. Selain faktor pendukung, adapula faktor yang menghambat jalannya tutorial, yaitu: a. Siswa merasa kurang antusias mengikuti tutorial dan merasa lelah, karena sebelumnya mengikuti pembelajaran sekolah pagi, b. Kurangnya sarana pembelajaran, sehingga guru harus melengkapi peralatan mengajar supaya siswa dapat termotivasi untuk terus mengikuti pembelajaran tutorial, c. Tidak ada pembagian raport kepada siswa, sehingga siswa tidak mengetahui hasil pembelajaran selama tutorial.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Tutorial, prestasi siswa.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2014 09:49
Last Modified: 18 Oct 2021 02:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30785

Actions (login required)

View Item View Item