Efektifitas Pembelajaran Individual Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Penyandang Autisme (Studi Kasus pada Sekolah Mutiara Center Jamsaren Surakarta)

Riyanto, Slamet Agus and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. Zaenal Abidin, M.Pd. (2014) Efektifitas Pembelajaran Individual Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Untuk Anak Penyandang Autisme (Studi Kasus pada Sekolah Mutiara Center Jamsaren Surakarta). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (107kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (78kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._Daftar_Pustaka.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
10._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Seorang anak sebagai bagian dari keluarga, kehadirannya dianggap penting untuk orang tua karena anak merupakan generasi penerus bagi mereka. Semua orang tua mengharapkan anak yang di lahirkannya kelak adalah anak yang sempurna baik jasmani maupun rohaninya. Tetapi kebahagian dan harapan itu dapat hancur ketika anak yang di lahirkan mengalami hambatan seperti autisma. Autisma sendiri adalah gangguan perkembangan yang muncul pertama kali pada anak-anak berusia 6 bulan hingga 3 tahun, seorang anak autis tidak mampu mengadakan interaksi sosial dan seolah-oleh hidup dalam dunianya. Orang tua berkewajiban untuk mengarahkan kepada hal-hal yang baik seperti halnya pengetahuan agama terutama dalam menentukan pembelajaran bagi anak autis itu sendiri. Dengan alasan seperti inilah penulis mengadakan penelitian di sekolah Mutiara Center Jamsaren Surakarta mengingat banyaknya orang tua yang memasuki anak mereka ke sekolah tersebut dengan tujuan sang anak dapat memperoleh pendidikan dan pengetahuan agama yang baik walaupun anak mereka mempunyai kekurangan. Adapun rumusan masalah pada skripsi ini adalah (1) Bagaimana penerapan pembelajaran individual dalam pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam pada anak autis di Sekolah Mutiara Center Jamsaren Surakarta? (2) Bagaimana keberhasilan Pendidikan Agama Islam pada anak autis di Sekolah Mutiara Center Jamsaren Surakarta?. Tujuan yang ingin dicapai dari penulisan skripsi ini adalah: (1) Mendeskripsikan pelaksanaan program pembelajaran individual pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam. (2) Untuk Mendeskripsikan keberhasilan pembelajaran agama Islam pada anak autis. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data penulis di peroleh dari sumber primer, yaitu informasi yang bersumber dari kepala sekolah atau wakil kepala sekolah Mutiara Center Jamsaren Surakarta, pendidik yang bersangkutan dengan penelitian ini. Sumber sekunder yaitu yang dikutip dari sumber lain seperti buku literatur yang berkaitan dengan pembahasan penelitian ini. Dari hasil penelitian dapat diketahui tentang pembelajaran individual ini adalah Pembelajaran pendidikan agama Islam melalui rumusan program pembelajaran individiual (The Individualized Education Program) ini diterapkan dengan perencanaan-perencanaan dan pelaksanaan program pembelajaran terpadu berdasarkan hasil assessmen terhadap peserta didik. Tingkat efektifitas pembelajaran individual ini sangat berjalan dengan cukup baik dan efektif. Hal ini dicapai dalam standarisasi pengelolaan materi yang sederhana dan didukung dengan penerapan metode-metode pembelajaran yang efektif. Pada akhir penulisan skripsi ini, adalah beberapa kesimpulan dan saran yang dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan dan masukan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Individual, Pendidikan Agama Islam, Anak Penyandang Autisme.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2014 09:38
Last Modified: 18 Oct 2021 02:08
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30784

Actions (login required)

View Item View Item