Pendidikan Islam Non Formal Bagi Masyarakat Pinggiran Di Majelis Asy-Syifa Gilingan Kec. Banjarsari Surakarta Tahun 2013 - 2014

Rahmawati, Ika and , Dra. Chusniatun, M.Ag. and , Drs. M. Yusron, M.Ag. (2014) Pendidikan Islam Non Formal Bagi Masyarakat Pinggiran Di Majelis Asy-Syifa Gilingan Kec. Banjarsari Surakarta Tahun 2013 - 2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (779kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (193kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (33kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (29kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (269kB)

Abstract

Pendidikan Islam merupakan bimbingan yang diberikan oleh seseorang kepada seseorang agar ia berkembang secara maksimal dengan ajaran Islam. Proses pendidikan Islam adalah kontinyu, yang bermula dari dilahirkannya seseorang hingga meninggal dunia. Pendidikan nonformal merupakan perwujudan dari demokratisasi pendidikan melalui perluasan pelayanan pendidikan untuk kepentingan masyarakat. Pendidikan Islam merupakan tanggung jawab bersama, tak terkecuali masyarakat. Oleh karena itu Majelis Asy-Syifa yang bertempat di Cinderejo Lor Gilingan mencoba untuk mewujudkan hal tersbut, yaitu melalui pendidikan nonformal bagi masyarakat (khususnya masyarakat pinggiran). Dari latar belakang tersebut penulis dapat merumuskan masalahnya, yaitu baggaimana pelaksanaan pendidikan Islam bagi masyarakat pinggiran di Majelis Asy-Syifa tahun 2013-2014, dan apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikan Islam bagi masyarakat pinggiran di Majelis Asy-Syifa. Manfaat dari penelitian ini yaitu menambah wawasan tentang pentingnya pendidikan Islam bagi masyarakat pinggiran. Bagi penulis, menambah wawasan tentang pelaksanaan pendidikan Islam bagi masyarakat pinggiran di Majelis Asy-Syifa serta faktor-faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pendidikannya. Bagi pengurus majelis, dapat menjadi bahan masukan dan evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan Islam di Majelis Asy-Syifa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah pengurus majelis dan proses pelaksanaan pendidikan Islam bagi masyarakat pinggiran di Majelis Asy-Syifa. Pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diperoleh dengan melalui Triangulasi dengan langkah-lankah membandingkan data hasil pengamatan dengan hasil wawancara. Sedangkan analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan Islam bagi masyarakat pinggiran di Majelis Asy-Syifa cukup berhasil. Untuk lulusan PAUD Asy-Syifa sudah lebih siap secara fisik dan mental untuk memasuki pendidikan dasar. Untuk majelis taklim (pengajian ahad pagi) terbukti dengan adanya kesadaran dari jama’ah untuk menjadi pribadi yang lebih baik dari sebelumnya. Sementara sebagian besar santri TPA sudah bisa membaca al-Qur’an dengan cukup baik dan mengaplikasikan do’a sehari-hari dalam kehidupan sehari-hari. Sedangkan untuk pelatihan keterampilan sudah cukup berhasil, hal ini terbukti dengan sudah dititipkannya hasil kreasi mereka ke Bina Usaha Mandiri dan Majelis Asy-Syifa untuk dijualkan. Adapun faktor yang mendukung pendidikan Islam bagi masyarakat pinggiran di Majelis Asy-Syifa Gilingan adalah usaha yang serius dari pengurus, pengajar (Ustad/ah, relawan, guru), adanya pelatihan ketrampilan sebagai penunjang pendidikan, kerja sama yang baik Majelis Asy-Syifa dengan pihak atau lembaga lain, tersedianya perpustakaan. Sedangkan faktor penghambatnya antara lain berupa kurangnya kesadaran masyarakat tentang pendidikan Islam, terbatasnya tempat pelaksanaan pendidikan Islam, terbatasnya dana yang ada.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, masyarakat pinggiran, Majelis Asy-Syifa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2014 08:34
Last Modified: 18 Oct 2021 02:11
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30782

Actions (login required)

View Item View Item