Upaya Lembaga Pengembangan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Pembelajaran Baca Tulis Alqur’an Bagi Mahasisiwa Ums Tahun 2013

Hanifah, Umi and , Drs. Najmuddin Zuhdi, M.Ag. and , Drs. Saifuddin Zuhri, M.Ag. (2014) Upaya Lembaga Pengembangan Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan Dalam Pembelajaran Baca Tulis Alqur’an Bagi Mahasisiwa Ums Tahun 2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (948kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (81kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (236kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_6.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (13kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (221kB)

Abstract

Al- Qur’an merupakan pedoman hidup bagi seluruh umat Islam, dengan mempelajari Al-Qur’an Allah akan memberikan pertolongan kepada siapapun yang mengamalkan dan hati akan dipenuhi kebahagiaan karena mengamalkan perintah-perintah Allah. Al-Qur’an adalah kalamullah yang diturunkan kepada manusia yang dimuliakan oleh Allah yang Maha Mulia yaitu Rasulullah saw, Muhammad bin Abdullah melalui Malaikat Jibril sebagai petunjuk hidup umat Islam dan bagi yang membacanya bernilaikan pahala. Universitas Muhammadiyah Surakarta adalah kampus yang berbasis Islam yang sangat memungkinkan bagi mahasiswa maupun alumninya bisa membaca Al-Qur’an, tetapi kenyataan yang didapat di lapangan sebagian dari mereka belum bisa membaca Al-Qur’an. pada tahun 2013 ada 20% mahasiswa baru (sekitar 1.200 mahasiswa) belum bisa membaca Al-Qur’an, sehingga harus ada pembelajaran BTA bagi mahasiswa UMS. Dalam penelitian ini, masalah yang dikaji adalah upaya LPIK dalam pembelajaran BTA bagi mahasiswa UMS. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan Upaya LPIK dalam Pembelajaran BTA bagi Mahasiswa UMS. Manfaat dari penelitian ini secara teoritis untuk menambah ilmu pengetahuan penulis khususnya dan bagi pembaca umumnya serta sebagai tambahan dan masukan sekaligus bahan pertimbangan bagi lembaga pendidikan umumnya maupun pendidikan Islam. Secara praktis dapat menjadikan rujukan yang dianggap lebih nyata apabila penulis berkecimpung dalam dunia pendidikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data adalah dilakukan melalui tahap-tahap, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data maka dapat disimpulkan bahwa: upaya LPIK dalam pembelajaran BTA bagi mahasiswa UMS pertama adalah pelatihan pembelajaran (BTA) Baca Tulis Al-Qur’an, Mahasiswa yang belum bisa membaca Al-Qur’an dilakukan pelatihan BTA selama 1 hari, yang bekerja sama dengan Lembaga Pendidikan Al-Qur’an (LPAQ) tartil utsma institute metode tarikh utsmani. Yang kedua pembelajaran (BTA) Baca Tulis Al- Qur’an, setelah mengikuti pelatihan Mahasiswa mengikuti pembelajaran BTA selama 1 tahun 12 pertemuan dibuat kelompok. Yang ketiga waktu dan tempat, antara satu kelompok dengan kelompok yang lain berbeda dan diserahkan sepenuhnya oleh pendamping dan peserta. Yang keempat metode pembelajaran BTA mengunakan metode tartil ustmani.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya LPIK (Lembaga Pengembangan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan), Pembelajaran, BTA (Baca Tulis Al-Qur’an)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 12 Nov 2014 08:16
Last Modified: 18 Oct 2021 02:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30780

Actions (login required)

View Item View Item