Efektivitas Pendidikan Islam Bagi Anak Yatim Di Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat Surakarta Periode 2013-2014

Hoirina, Miftahul (2014) Efektivitas Pendidikan Islam Bagi Anak Yatim Di Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat Surakarta Periode 2013-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (60kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (90kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA_RINA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pendidikan pada hakekatnya tidak sekedar mengarahkan peserta didik pada aspek kognitif saja , akan tetapi aspek-aspek lain juga perlu dikembangkan termasuk kemampuan anak didik dalam hal pendidikan moral. Berkenaan dengan pembinaan pendidikan Islam Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat merupakan salah satu lembaga yang paling relevan untuk membina pendidikan Islam agar anak asuh memiliki akhlak yang baik. Pendidikan yang dikembangkan oleh Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat adalah upaya dalam menciptakan kader- kader bangsa yang memiliki integritas tinggi dalam bidang pendidikan Islam dan moral.Sehubungan dengan pembinaan pendidikan Islam ini penulis memilih Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat sebagai lokasi penelitian. Hal ini dikarenakan Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat suatu lembaga pendidikan yang menjalankan tugas keluarga dan masyarakat yang arah pengajarannya mengakar pada nilai-nilai Islam dan mempunyai konsep integral (gabungan) antara asrama dan sekolah sehingga anak asuh harus tinggal di Panti asuhan. Dengan demikian anak asuh bias mendapatkan lingkungan yang Islami, yang sangat dibutuhkan dalam berlangsungnya pendidikan Islam yang baik. Berdasarkan pada keterangan dan persoalan di atas, maka dalam penulisan skripsi ini penulis mengangkat judul Efektivitas Pendidikan Islam bagi Anak Yatim di Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat Surakarta Periode 2013-2014. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui factor-faktor yang berpengaruh dalam pendidikan Islam di Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat, dan untuk mengetahui efektivitas pendidikan Islam bagi anak yatim di Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat Surakarta Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif kualitatif Dalam perjalanan mengumpulkan data, penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisisnya, penulis menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan penulis dapat disampaikan bahwasannya pendidikan Islam di Panti Asuhan Yatim Putri ‘Aisyiyah Cabang Kota Barat Surakarta sudah efektif. Karena anak asuh telah mengaplikasikan pendidikan Islam dalam kehidupan sehari-hari secara bertahap. Kalaupun ada alternative lain yang lebih baik, dari apa yang telah disampaikan atau ditulis dalam skripsi ini, maka hal ini dapat dijadikan masukan agar skripsi ini terus berkembang dan tidak berhenti sampai disini.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Pendidikan Islam dan Anak Yatim
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Tarbiyah
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Nov 2014 08:55
Last Modified: 11 Nov 2014 08:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30759

Actions (login required)

View Item View Item