Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Islam Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014

Fitriani, Nurlaeli and , Dr. Badaruddin, M.Ag. and , Maria Ulfa, S.Pd.I. (2014) Upaya Guru Dalam Menanamkan Pendidikan Islam Di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan Kartasura Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN..pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (379kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (158kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (87kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_BELAKANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (433kB)

Abstract

Pendidikan merupakan bagian terpenting yang tidak lepas dari kehidupan, baik pendidikan umum maupun pendidikan Islam, agar pendidikan senantiasa tertanam dalam diri seseorang hendaknya diberikan ketika anak-anak, karena masa kanak-kanak/prasekolah adalah masa keemasan yang tidak pernah terulang lagi dalam hidup. Masa ini merupakan masa yang tepatbagi orang tua dan guru dalam menanamkan pendidikan kepada anak, khususnya pendidikan Islam yang akan membentengi dirinya dalam masa perkembangan jasmani maupun rohaninya. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apa upaya guru dalam menanamkan pendidikan Islam dan apa factor pendukung dan penghambat guru dalam menanamkan pendidikan Islam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan upaya guru dalam menanamkan pendidikan Islam, serta mendiskripsikan factor penghambat dan pendukung dalam menanamkan pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah untuk menambah wawasan keilmuan dalam mendidik anak serta sebagai pertimbangan dalam meningkatkanmutupendidikan di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan Kartasura dan dijadikan pembanding untuk penelitian sejenis. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Adapun jenis pendekatan yang digunakan bersifat kualitatif yang menghasilkan “data deskriptif berupa kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang dan perilaku yang diamati”. Metode yang digunakanuntukmengumpulkan data yaitu, 1) wawancara, metode ini digunakan untuk memperoleh data tentang upaya guru dalam menanmkan pendidikan Islam. 2) observasi, metode ini untuk melihat langsung tentang upaya guru dalam menanamkan pendidikan Islam. 3) dokumentasi, metode ini untuk memperoleh data tentang gambaran umum sekolah, sejarah berdirinya, keadaan guru dansiswa. 4) analisis data, dalam menganalisis data penulis menggunakan deskriptif kualitatif. Adapun dari hasil penelitian penulis menunjukkan bahwa upaya guru dalam menanamkan pendidikan Islam di Taman Kanak-Kanak Aisyiyah Pabelan Mendungan adalah: a) membiasakan shalat, yaitu shalat dzuhur dan dhuha. b) mengaji iqra, yang dilakukan setiap hari setelah jam belajar selesai. c) infaq, yang dilakukan rutin setiap hari jum‟at d) membiasakan berprilaku baik.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Pendidikan Islam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Nov 2014 08:44
Last Modified: 18 Oct 2021 02:29
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30758

Actions (login required)

View Item View Item