Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Memotivasi Siswa Dan Meningkatkan Nilai-Nilai Ibadah (Studi Empiris Di SMP Muhammamadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014)

Setianingsih, Etik and , Drs. Zainal Abidin, M.Pd, and , Drs. Abdullah Mahmud, M.Ag. (2014) Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Memotivasi Siswa Dan Meningkatkan Nilai-Nilai Ibadah (Studi Empiris Di SMP Muhammamadiyah 2 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (196kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (239kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (741kB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah siswa membutuhkan motivasi intrinsic dalam belajar, serta peran seorang guru yang harus memenuhi kompetensi. Penelitian mengambil kompetensi guru yang merupakan kemampuan, keahlian, dan keterampilan yang dimiliki oleh setiap guru dalam menjalankan kegiatan belajar mengajar. Selain itu guru harus menguasai beberapa kompetensi yang harus dimiliki antara lain kompetensi pedagogik, kompetensi profesional, kompetensi kepribadian ,dan kompetensi sosial . Dalam hal memotivasi, guru harus memiliki kemampuan untuk memberikan dorongan dan motivasi kepada siswa. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana kompetensi guru dalam memotivasi siswa dan meningkatkan nilai-nilai ibadah? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan kompetensi guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi siswa dan meningkatkan nilainilai ibadah di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun ajaran 2013/2014. 2) untuk mendeskripsikan upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam memotivasi dan meningkatkan nilai-nilai ibadah di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta tahun Ajaran 2013/2014,dan 3) Untuk mengetahui Bagaimana hasil yang dicapai oleh guru PAI dalam memotivasi dan meningkatkan nilai-nilai Ibadah. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan sifat penelitian ini bersifat kualitatif, metode penentuan subyek menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi dan teknik analisis yang dipakai menggunakan analisis data. Dalam proses analisis data subyek menempuh beberapa langkah yaitu: pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hal ini membuktikan bahwa guru di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta sudah mencakup semua kompetensi yang disebutkan di Undang-Undang Nomor 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen. Upaya yang dilakukan guru PAI dalam meningkatkan kualitas dalam pembelajaran di SMP Muhammadiyah 2 Surakarta sudah cukup baik. Dalam pembelajaran, guru PAI juga memberikan pengarahan kepada siswasiswi yaitu memberikan dorongan/ motivasi semangat dalam belajar di kelas. Dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap nilai prestasi siswa dan dorongan untuk mengikuti belajar di kelas.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru dan Motivasi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Agama Islam > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Nov 2014 08:26
Last Modified: 18 Oct 2021 02:38
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30756

Actions (login required)

View Item View Item