Hubungan Antara Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresif Anak Di Surakarta

Tiani, Anis and , Susatyo Yuwono ,S. Psi, M. Si., Psi. (2014) Hubungan Antara Bermain Game Online Dengan Perilaku Agresif Anak Di Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (143kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (146kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (143kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15MB)

Abstract

Masalah perilaku agresif merupakan masalah yang sangat penting bagi pertumbuhan, perkembangan dan masa depan anak. Bila tidak ditangani dengan baik dan benar, perilaku agresif dapat berdampak negatif pada kehidupan anak di kemudian hari. Namun kenyataannya dari tahun-ketahun perilaku agresif anak semakin meningkat. Masalah perilaku agresif anak dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satu contoh penyebab anak berperilaku agresif adalah game. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui ada hubungan antara bermain game online dengan perilaku agresif pada anak di Surakarta. Hipotesis ada hubungan yang positif antara bermain game online dengan perilaku agresif anak. Populasi penelitian adalah anak 3-12 tahun yang menungjungi ame center. Sampel penelitian anak usia 9-12 tahun yang bermain game online. Penelitian ini dilakukan di warnet daerah kelurahan Karangasem, Laweyan, yang ditentukan dengan menggunakan teknik insidental non random. Alat ukur yang digunakan adalah skala perilaku agresif anak dan skala intensitas bermain game online. Analisis dalam penelitian ini menggunakan product moment dengan memasukkan data menggunakan program aplikasi SPSS 15. Hasil analisis karelasi product moment diperoleh hasil koefisien korelasi sebesar 0,781 dengan p < 0,01 yang menunjukkan ada hubungan positif yang sangat signifikan antara bermaiin game online dengan perilaku agresif anak. berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa subjek penelitian ini memiliki tingkat intensitas bermain game online yang tergolong sedang, sedangkan perilaku agresif yang tergolong sedang. Sumbangan efektif antara variabel bermain game online dengan perilaku agresif anak sebesar 61%.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: bermain game online, intensitas, perilaku agresif anak.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 11 Nov 2014 07:03
Last Modified: 18 Oct 2021 03:50
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30752

Actions (login required)

View Item View Item