Perbedaan Pengaruh Open Kinetik Chain Dengan Close Kinetik Chain Terhadap Peningkatan Kemampuan Fungsional Sendi Lutut Wanita Lanjut Usia

AYUNANDA, MEYLISA PUTRI and , Agus Widodo, S.Fis, M.Kes, and , Totok Budi Santoso , S.Fis , MPH (2014) Perbedaan Pengaruh Open Kinetik Chain Dengan Close Kinetik Chain Terhadap Peningkatan Kemampuan Fungsional Sendi Lutut Wanita Lanjut Usia. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._Halaman_Depan.pdf

Download (636kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (59kB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (19kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
11._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (499kB)

Abstract

Pada wanita lanjut usia, proses penuaan ditandai dengan adanya penurunan dan perubahan sistem organ. Salah satunya perubahan sistem muskuloskeletal yang terjadi diantaranya adalah penurunan massa otot, penurunan elastisitas dan fleksibilitas dan menimbulkan nyeri yang akan berdampak terjadinya penurunan kemampuan fungsional sendi lutut. Untuk meningkatkan kemampuan fungsional intervensi yang dapat diberikan berupa latihan, yaitu close kinetic chain (quad and wall sitt) atau gerakan di satu sendi secara bersamaan menghasilkan gerakan pada sendi lainnya dari ektremitas tersebut open kinetic chain (quadricep setting) dimana latihan ini dapat mempelancar sirkulasi darah, mencegah kontraktur, meningkatkan kekuatan otot atau power muscle, rileksasi otot dan stabilitasi sendi lutut lutut. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan pengaruh latihan close kinetik chain dan open kinetik chain terhadap peningktan kemampuan fungsional sendi lutut pada wanita lanjut usia. Penelitian ini menggunakan pendekatan Quasi Eksperimental dan desain two group pre and post test two group desain, sampel penelitian ini adalah wanita lanjut usia yang berjumlah 12 orang dibagi menjadi 2 kelompok 6 orang kelompok perlakuan I dan 6 orang kelompok perlakuan II. Teknik analisa data yang digunakan adalah Wilcoxon Test. Dari uji analisa data tersebut menunjukan bahwa ada pengaruh close kineik chain dan open kinetic chain terhadap peningkatan kemampuan fungsional sendi lutut pada wanita lanjut usia dengan nilai p< 0,05. Pada uji beda mendapatkan hasil bahwa close kinetic chain lebih berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan fungsional sendi lutut pada wanita lanjut usia.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Close kinetik chain, Open kinetik chain, Quadriceps setting, Kemampuan fungsional sendi lutut.
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Fisioterapi D4
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 10 Nov 2014 12:47
Last Modified: 10 Nov 2016 02:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30747

Actions (login required)

View Item View Item