Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di SMA Negeri 1 Kartasura

Ardita, Reni and , Sulastri , S.K p., M.Kes. and , Wachidah Yu niartika, S.Kep., Ns. (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Perubahan Pengetahuan Siswa Tentang Kesehatan Reproduksi Remaja Di SMA Negeri 1 Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (992kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_I.pdf

Download (45kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (115kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (75kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB)
[img] PDF (Bab VI)
Bab_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (762kB)

Abstract

Remaja merupakan generasi penerus bangsa. Masa remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak menuju dewasa dimana pada masa ini cenderung memiliki emosi yang labil sehingga memiliki resiko yang terkait dengan sistem reproduksinya. Hal ini diakibatkan kurangya pengetahuan remaja tentang kesehatan reproduksi. Berdasarkan studi pendahuluan didapatkan banyak remaja yang memiliki pengetahuan kurang tentang kesehatan reproduksi sehingga perlu diadakan pendidikan kesehatan reproduksi remaja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengetahuan siswa tentang kesehatan reproduksi remaja di SMA Negeri 1 Kartasura. Jenis penelitian ini adalahpenelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasi eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalahone groupPretest and Post test design. Sampel penelitian adalah 45 siswa SMA Negeri 1 Kartasura yang aktif dalam kegiatan OSIS dengan teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Penelitian berupa pendidikan kesehatan menggukan media ceramah, diskusi, leaflet, poster, dan x-banner serta kuesioner pengetahuan tentang reproduksi remaja. Analisis data menggunakan uji paired sample test yang telah diuji normalitas data. Hasil penelitian diketahui nilai rata-rata ±SD pretest pengetahuan responden sebesar 23.51±2.83 dan meningkat menjadi 27,51±3,26 pada post test. Kategori penilaian 66,7% dengan kategori cukup pada pre test dan meningkat 68,9% pada post test namun tetap dalam kategori cukup. Hasil uji beda paired sample testdiperolehnilai t- test = -7.148, p = 0,001. Simpulan penelitian adalah terdapat pengaruh yang signifikan pendidikan kesehatan terhadap perubahan pengatahuan siswa tentang kesehatan reproduksi remaja di SMA Negeri 1 Kartasura.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Kesehatan Reproduksi, Pengetahuan, Remaja.
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 07 Nov 2014 12:45
Last Modified: 27 May 2016 08:01
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30731

Actions (login required)

View Item View Item