Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Tumbuh Kembang Anak Pada Usia Toddler Di Kartasura

Nofitasari, Dewi Okta (2014) Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Ibu Dalam Tumbuh Kembang Anak Pada Usia Toddler Di Kartasura. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (206kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (271kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (263kB)
[img] PDF (Bab VI)
BAB_VI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (96kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (567kB)

Abstract

Anak usia kurang dari 3 tahun adalah masa dimana mengalami pertumbuhan dan perkembangan. Pada masa tersebut sangat diperlukan perhatian orang tua agar anak tumbuh dan berkembang sesuai usia anak. Pendidikan kesahatan merupakan salah satu cara yang baik agar pengetahuan dan sikap orang tua tentang tumbuh dan kembang anak semakin menjadi baik, hal ini didasarkan atas studi pendahuluan bahwa masih banyak pengetahuan dan sikap orang tua yang kurang tentang tumbuh kembang anak. Tujuan penelitian adalah mengetahuai pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap ibu dalam tumbuh kembang anak usia toddler di Kartasura. Jenis penelitian adalah kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian quasi experiment dengan rancangan pretest-postest control group design, sampel penelitian adalah 40 ibu yang mempunyai anak usia 1-3 tahun dengan teknik pengambilan sampel menggunakan Simple random sampling. Sebanyak 20 ibu masuk dalam kelompok perlakuan dan 20 ibu masuk dalam kelompok kontrol. Instrumen penelitian menggunakan kuesioner, penyuluhan dengan media leaflet. Analisis data menggunakan uji comparatif yaitu parired sample test dan independent sample test. Hasil penelitian hasil uji pre test pre test pengetahuan kelompok perlakuan rata-rata 6.55 dan post test 9.60, hasil uji hipotesis diperoleh p= 0,001. Hasil uuji pre test pengetahuan kelompok kontrol 5,90 dan post test 6,25. Hasil uji hipotesis diperoleh p = 0,185. penelitian hasil uji pre test pre test sikap kelompok perlakuan rata-rata 38,20 dan post test 40,45, hasil uji hipotesis diperoleh p= 0,002. hasil uji pre test sikap kelompok kontrol 37,45 dan post test 37,95. hasil uji hipotesis diperoleh p = 0,086. Hasil uji beda pengaruh pendidikan kesehatan mengenai pengetahuan diperoleh p = 0,001, uji beda pengaruh pendidikan kesehatan mengenai sikap diperoleh p = 0,059. Simpulan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap pengetahuan dan sikap kelompok perlakuan tentang tumbuh kembang toddler setelah pendidikan kesehatan. Tidak terdapat pengaruh signfikan antara pre test dan post test pengetahuan dan sikap kelompok kontrol.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: pendidikan kesehatan, pengetahuan, sikap, tumbuh kembang, toddler
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Keperawatan
Depositing User: Musyarofah Siti
Date Deposited: 07 Nov 2014 12:22
Last Modified: 24 Nov 2014 11:46
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30727

Actions (login required)

View Item View Item