Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Remaja

Wulansari, Kunti Riyanti and , Dra.Zahrotun Uyun,M.Si (2014) Hubungan Antara Kecerdasan Emosi Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pada Remaja. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (83kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (27kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)

Abstract

Pemecahan masalah merupakan suatu keterampilan yang selalu berkembang, sejalan dengan perkembangan individu. Semakin dewasanya seseorang, permasalahan yang dihadapi juga semakin rumit sehingga memerlukan suatu cara bagaimana pengelolaan emosi dapat menyelesaikan masalah yang dihadapi individu, khususnya remaja. Salah satu faktor yang berpengaruh pada kemampuan pemecahan masalah yakni kecerdasan emosi. Emosi mewarnai cara berpikir dalam menghadapi situasi, tanpa sadar emosi sering terlihat didalamnya yang menyebabkan seseorang berpikir secara tidak efektif. Bahwa individu yang mempunyai kecerdasan emosi yang tinggi akan dapat mengenal dan mengontrol emosinya akan dapat memperlihatkan pendekatan yang lebih positif terhadap masalah dan akan lebih mudah memecahkan masalahnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara kecerdasan emosi dengan kemampuan pemecahan masalah, sehingga penulis mengajukan hipotesis ”Ada hubungan positif antara kecerdasan emosi dengan kemampuan pemecahan masalah”. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA N 1 Karanganom, Klaten kelas XI yang berjumlah 306 siswa. Teknik pengambilan sampel dengan Cluster random sampling yaitu mengambil sampel secara acak, sehingga didapatkan dua kelas sebagai sampel penelitian ini. Alat ukur yang digunakan untuk mengungkap variabel-variabel penelitian ada 2 macam alat ukur, yaitu: (1) skala kecerdasan emosi, dan (2) skala kemampuan pemecahan masalah. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh koefisien korelasi (r) = 0,590 dengan p <0,01, yang berarti ada hubungan positif yang sangat signifikan antara antara kecerdasan emosi dengan kemampuan pemecahan masalah. Pada umumnya siswa SMA N 1 Karanganom mempunyai kecerdasan emosi yang tinggi, dan juga mempunyai kemampuan pemecahan masalah yang tinggi. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada hubungan positif yang sangat signifikan antara kecerdasan emosi dengan kemampuan pemecahan masalah. Peranan kecerdasan emosi terhadap kemampuan pemecahan masalah (SE) sebesar 34,8 %, sehingga masih terdapat 65,2% diluar faktor kecerdasan emosi, antara lain:motivasi, jenis kelamin, dan usiayang mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan pemecahan masalah, kecerdasan emosi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Fakultas Psikologi > Psikologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 08 Nov 2014 07:02
Last Modified: 18 Oct 2021 03:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30721

Actions (login required)

View Item View Item