Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Pengelolaan DM Dan Dukungan Keluarga Dengan Pengendalian Kadar Glukosa Darah Puasa (GDP) Pasien DM Tipe 2 Rawat Jalan Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Liswati, Erna Mey and , Siti Zulaekah, A., M.Si and , Sri Maryani, S.Gz (2014) Hubungan Tingkat Pengetahuan Tentang Pengelolaan DM Dan Dukungan Keluarga Dengan Pengendalian Kadar Glukosa Darah Puasa (GDP) Pasien DM Tipe 2 Rawat Jalan Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan_full.pdf

Download (546kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (85kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (162kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (96kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (124kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (56kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (99kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN_full.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (370kB)

Abstract

Pendahuluan: DM adalah gangguan metabolisme kronik yang ditandai dengan adanya kenaikan kadar glukosa darah atau hiperglikemia. Pengendalian kadar glukosa darah dengan 4 pilar penatalaksanaan diit menjadi sesuatu yang sangat penting untuk menjaga kadar glukosa darah tetap pada kisaran normal, Pengendalian ini tidak mudah dan perlu adanya berbagai dukungan dan pengetahuan tentang penyakit DM. Tujuan: penelitian ini adalah mengidentifikasi faktor-faktor yang berhubungan dengan pengendalian kadar glukosa darah sewaktu pasien DM tipe 2 rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Metode penelitian: Jenis penelitian ini adalah observasional dengan pendekatan cross sectional, teknik pengambilan sampel adalah consecutive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis univariat dan bivariat. Tempat penelitian di poliklinik penyakit dalam RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Jenis data yang ditampilkan meliputi karakteristik responden, tingkat pengetahuan, dan dukungan keluarga, serta kadar glukosa darah puasa. Hasil: Penelitian ini menunjukkan 42,1% subyek memiliki pengetahuan sedang dan baik, 50% subyek mendapat dukungan keluarga positif dan negatif. Hasil uji korelasi pengetahuan dengan pengendalian kadar glukosa darah puasa menunjukkan nilai p= 0,797, sedangkan uji korelasi dukungan keluarga dengan pengendalian kadar glukosa darah puasa menunjukkan nilai p=0,914. Kesimpulan:Tingkat pengetahuan dan dukungan keluarga dalam penelitan ini tidak menunjukkan adanya hubungan dengan pengendalian kadar glukosa darah puasa pada pasien DM tipe 2, hal ini dikarenakan masih terdapat faktor lain yang dapat mempengaruhinya.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pengetahuan , pengelolaan DM, Dukungan keluarga,
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 05 Nov 2014 07:17
Last Modified: 17 Oct 2021 08:18
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30700

Actions (login required)

View Item View Item