Analisis Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Di Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat

AMALIA, GITA and , Dr. Kuswaji Dwi Priyono, M. Si and , Dra. Retno Woro Kaeksi (2014) Analisis Potensi Pengembangan Obyek Wisata Pantai Di Kecamatan Singkawang Selatan Kota Singkawang Provinsi Kalimantan Barat. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (803kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (355kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (410kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (572kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (84kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)

Abstract

Kecamatan Singkawang Selatan berbatasan langsung dengan laut natuna di sebelah barat dan memiliki luas wilayah 224 km² yang diduk. Berdasarkan rencana tata ruang wilayah Kota Singkawang, Kecamatan Singkawang Selatan diperuntukan sebagai kawasan lindung (cagar alam, kawasan hutan lindung, kawasan pantai berhutan bakau) dan kawasan budidaya). Obyek wisata alam khususnya pantai di Kecamatan Singkawang Selatan memiliki potensi untuk dikembangkan dibandingkan daerah lain di Kalimantan Barat. Hal ini dikarenakan obyek wisata pantai lebih dipengaruhi oleh proses alam, sehingga tidak semua wilayah memiliki karakteristik yang sama. Obyek wisata pantai yang dikaji, antara lain: Pantai Pasir Panjang, Pantai Palm, Pantai Tanjung Bajau, Pantai Sinka, dan Pantai Batu Burung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui potensi masing-masing obyek wisata dan kendala dalam pengembangan obyek wisata, serta arahan pengembangan dari masing-masing obyek wisata pantai di Kecamatan Singkawang Selatan. Metode penelitian ini menggunakan teknik skoring dan analisis SWOT (Strenght, Weakness, Opportunity, Threat). Teknik skoring yaitu merubah hasil data primer yang bersifat kualitatif ke kuantitatif. Sedangkan analisis SWOT digunakan untuk membuat strategi pengembangan obyek wisata. Hasil yang dilakukan menunjukan Pantai Pasir Panjang, Pantai Palm, Pantai Tanjung Bajau, Pantai Sinka termasuk dalam klasifikasi potensi gabungan tinggi sedangkan Pantai Batu Burung termasuk dalam klasifikasi potensi gabungan sedang. Prioritas utama pengembangan obyek wisata pantai adalah obyek wisata yang memiliki potensi internal tinggi dan eksternal tinggi serta obyek wisata yang memiliki potensi internal tinggi dan eksternal sedang. Prioritas pengembangan selanjutnya adalah obyek wisata yang memiliki potensi internal tinggi namun eksternalnya rendah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Analisis Potensi, Pengembangan Obyek Wisata,Pantai
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 04 Nov 2014 13:30
Last Modified: 18 Oct 2021 07:02
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30695

Actions (login required)

View Item View Item