Analisis Zonasi Daerah Rawan Bencana Kebakaran Di Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta Dengan Menggunakan Citra Satelit Quickbird Dan Sistem Informasi Geografi

RENDI, RENDI and , Drs. Munawar Cholil, M.Si and , Aditya Saputra, S. Si., M.Si (2014) Analisis Zonasi Daerah Rawan Bencana Kebakaran Di Kecamatan Danurejan Kota Yogyakarta Dengan Menggunakan Citra Satelit Quickbird Dan Sistem Informasi Geografi. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (482kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03._HALAMAN_JUDUL.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04._BAB_I.pdf

Download (260kB)
[img] PDF (Bab II)
05._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] PDF (Bab III)
06._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (223kB)
[img] PDF (Bab IV)
07._IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (610kB)
[img] PDF (Bab V)
08._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09._DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (112kB)

Abstract

Kota maupun perkembangan dari perkotaan selalu mengalami perubahan dari waktu ke waktu baik dari segi fisik maupun non fisik. Perubahan yang terjadi pada wilayah terbangun dipengaruhi adanya tuntutan pemanfaatan lahan yang tinggi untuk kawasan permukiman akan menyebabkan berbagai masalah. Salah satunya adalah masalah kebakaran. Kebakaran dapat memberikan dampak merugikan baik terhadap keselamatan jiwa maupun harta benda. Penelitian ini merupkan penerapan sistem informasi geografi dan penginderaan jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kerawanan bencana kebakaran di daerah penelitian dan menganalisis agihan spasial tingkat kerawanan kebakaran kebakaran di daerah penelitian. Parameter-parameter yang digunakan adalah kepadatan bangunan, tata letak bangunan, lebar jalan masuk, ukuran bangunan, jarak terhadap kantor pemadam kebakaran, jarak terhadap sungai, kualitas bahan bangunan dan aktivitas internal. Metode yang digunakan adalah faktor pembobot dan untuk penentuan titik sampel menggunakan metode cluster sampling. Proses analisis menggunakan software aplikasi sistem informasi geografi (SIG) yaitu menggunakan software ArcGIS versi 10. selain itu software digunakan untuk mendigitasi, klasifikasi dan pengolahan data seperti overlay serta pembuatan layout . Hasil yang diperoleh berupa peta kerawanan kebakaran di Kecamatan Danurejan. Adapun klasifikasi tingkat kerawanan kebakaran terbagi menjadi 4 kelas yaitu: kelas tidak rawan seluas 25,31 Ha merupakan daerah dengan kualitas bahan bangunan permanen dengan tata letak bangunan semi teratur hingga teratur. Kelas kerawanan sedang dengan luas sekitar 31,31 Ha merupakan kepadatan bangunan tinggi dengan kualitas bahan bangunan semi permanen. Kelas kerawanan tinggi/rawan memiliki luas sekitar 23,20 Ha merupakan daerah yang di dominasi oleh kepadatan jelek, kualitas bahan bangunan semi permanen dan aktivitas internal sedang dan kelas sangat rawan memiliki luas sekitar 26,68 Ha merupakan daerah yang kepadatan bangunnya padat, tata letak bangunan tidak teratur, ukuran bangunan besar dan kualitas bahan bangunan nun permanen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kebakaran, permukiman, SIG, penginderaan jauh.
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 04 Nov 2014 13:04
Last Modified: 18 Oct 2021 06:58
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30692

Actions (login required)

View Item View Item