Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Penentuan Jalur Evakuasi Bencana Banjir Luapan Sungai Bengawan Solo Di Kota Surakarta

HARSINI, SRI and , Drs. Yuli Priyana, M.Si. and , Jumadi, S.Si. M.Sc. (2014) Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Penentuan Jalur Evakuasi Bencana Banjir Luapan Sungai Bengawan Solo Di Kota Surakarta. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER_skripsi.pdf

Download (608kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (221kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (37kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (15kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (12kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)

Abstract

Kota Surakarta berpotensi terjadi banjir setiap tahunnya karena merupakan daerah cekungan atau intermountain basin. Alih fungsi lahan dari lahan terbuka menjadi lahan terbangun akan berpengaruh terhadap aliran permukaan. Ketidakseimbangan antara curah hujan, infiltrasi, dan aliran permukaan (limpasan) mengakibatkan sungai tidak mampu menampung aliran air melebihi kapasitasnya. Sejarah mencatat banjir besar yang pernah terjadi pada Maret 1966, Maret 1968, Maret 1973, Februari 1974, Maret 1975, Januari 1982, Desember 2007, dan Februari 2009 menimbulkan kerugian besar. Salah satu cara untuk meminimalisir jumlah korban jiwa adalah dengan perencanaan jalur evakuasi yang efektif. Berdasarkan informasi dari SAR UNS jalur evakuasi yang ada di Kota Surakarta masih berupa rute deskriptif, untuk itu penelitian ini bertujuan melakukan pemetaan jalur evakuasi bencana banjir di Kota Surakarta dengan Sistem Informasi Geografis. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan interpretasi Citra Quickbird Kota Surakarta tahun 2010, digitasi data sekunder, dan cek lapangan. Analisa data dengan metode Leas Cost Path untuk menghasilkan jalur evakuasi yang efektif dan analisa deskriptif kualitatif digunakan untuk menjelaskan jalur evakuasi yang dihasilkan. Lokasi penelitian dilakukan di Kota Surakarta yang wilayahnya terlewati Sungai Bengawan Solo dan terkena pemodelan simulasi banjir luapan Sungai Bengawan Solo, yang dilakukan pada bulan Maret 2014. Hasil analisis least cost path memperoleh dua jalur evakuasi di Kelurahan Sewu dan dua jalur evakuasi di Kelurahan Jebres. Di Kelurahan sewu dapat menuju tempat evakuasi Masjid Jami’ dan Masjid Sawunggaling, sedang di Kelurahan Jebres dapat menuju tempat evakuasi Masjid Al- Fath. Metode least cost path dinilai cocok untuk penentuan jalur evakuasi berdasarkan parameter yang digunakan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Jalur Evakuasi, Least Cost Path
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 04 Nov 2014 12:57
Last Modified: 18 Oct 2021 06:55
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30691

Actions (login required)

View Item View Item