Analisis Disparitas Perkembangan Wilayah Antar Fungsi Pusat Pelayanan Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Di Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah Tahun 2002 Dan 2011

Anggraeni, Novie and , Drs. Muhammad Musiyam, M.TP and , Dra. Retno Woro Kaeksi (2014) Analisis Disparitas Perkembangan Wilayah Antar Fungsi Pusat Pelayanan Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Di Kabupaten Boyolali Provinsi Jawa Tengah Tahun 2002 Dan 2011. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman depan)
3_HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (863kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
4_BAB_I.pdf

Download (263kB)
[img] PDF (Bab II)
4_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab III)
4_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab IV)
4_BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] PDF (Bab V)
4_BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
5_DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (26kB)
[img] PDF (Lampiran)
6_LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
2_NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dengan judul analisis disparitas perkembangan wilayah antar fungsi pusat pelayanan dalam rencana tata ruang wilayah di Kabupaten Boyolali, provinsi Jawa tengah tahun 2002 dan 2011. Tujuan dalam penelitian ini adalah : (1) mengetahui tingkat perkembangan wilayah antar fungsi pusat pelayanan di Kabupaten Boyolali, (2) mengetahui tingkat disparitas perkembangan wilayah antar fungsi pusat pelayanan di KabupatenBoyolali, dan (3) mengetahui faktor yang paling dominan berpengaruh terhadap perkembangan wilayah.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kuantitatif, dengan teknik analisis data sekunder menggunakan Skoring, Indeks Williamson dan analisis Regresi berganda. Skoring dilakukan terhadap indikator-indikator perkembangan wilayah untuk mengetahui tingkat perkembangan wilayah. Penghitungan dengan Indeks Williamson dilakukan terhadap PDRB Perkapita untuk menentukan tingkat disparitas perkembangan wilayah. Dan analisis Regresi berganda dilakukan untuk mengetahui variabel yang paling berpengaruh terhadap perkembangan wilayah.Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah : (1) tingkat perkembangan wilayah di kabupaten Boyolali ditentukan dengan perkembangan “naik”, “tetap”, dan “turun”.Perkembangan wilayah “naik” meliputi Kecamatan Ampel, Karanggede, Sambi, dan Wonosegoro. Untuk Perkembangan Wilayah yang “tetap” meliputi kecamatan Boyolali,Mojosongo, Banyudono, Teras, Simo, Ngemplak, Selo, Cepogo, Musuk, Sawit, Nogosari, Klego, Andong, dan Kemusu. Tingkat perkembangan yang “turun” hanya KecamatanJuwangi. Sedangkan untuk perkembangan wilayah berdasarkan fungsi pusat pelayanan tergolong dalam perkembangan “tetap”. (2) Disparitas perkembangan wilayah di kabupaten Boyolali termasuk dalam klasifikasi tinggi, karena pada tahun 2002 besar nilai IW dari 0,94 meningkat menjadi 1,52 pada tahun 2011. Disparitas berdasarkan Fungsi Pusat pelayanan di Kabupaten Boyolali yang tertinggi berada pada PPL (Pusat Pelayanan Lokal) dengan nilai IW pada tahun 2002 dari 0,587 dan meningkat menjadi 1,273 pada tahun 2011. Sedangkan berdasarkan Kecamatan yang memiliki nilai IW tertinggi adalah Kecamatan Teras dan Sawit. (3) hasil analisis dengan regresi berganda diperoleh bahwa pada tahun 2002 variabel yang paling berpengaruh adalah variabel Fasilitas Kesehatan dengan nilai coefficient beta yang terbesar yaitu 0,483 dan pada tahun 2011 adalah variabel PDRB Perkapita dengan coefficient beta yang terbesar yaitu 0,438.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Fungsi Pusat pelayanan, Perkembangan wilayah, Disparitas, Indeks Williamson, Regresi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 04 Nov 2014 12:33
Last Modified: 18 Oct 2021 04:03
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30689

Actions (login required)

View Item View Item