Kajian Interpretif “Geostrategi Provinsi Sulawesi Utara Sebagai Pintu Gerbang Indonesia Di Kawasan Asia Pasifik” Karya S. H. Sarundajang

Priyono, Juniawan and , Drs. M. Musiyam, M.TP and , Dra. Retno Woro Kaeksi (2014) Kajian Interpretif “Geostrategi Provinsi Sulawesi Utara Sebagai Pintu Gerbang Indonesia Di Kawasan Asia Pasifik” Karya S. H. Sarundajang. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (314kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Dalam disertasi berjudul Geostrategi Provinsi Sulawesi Utara Sebagai Pintu Gerbang Indonesia di Kawasan Asia Pasifik, Sarundajang mengangkat pemikiran ekonomi-politik kawasan Pasifik dari Sam Ratulangi, merevitalisasinya menjadi ‖geostrategi Sam Ratulangi-an‖, dan menerjemahkannya dalam strategi pemba-ngunan Provinsi Sulawesi Utara menuju pintu gerbang Indonesia di Asia Pasifik. Penelitian ini mengkaji ―kebenaran‖ strategi pembangunan ekonomi sebagai geostrategi dalam disertasi tersebut agar tidak terjadi kekeliruan penerapan dan/ atau perujukan ilmiah di kemudian hari. Pengkajian menggunakan metode kuali-tatif interpretif phenomenologi deduktif dengan sasaran epistemologi geostrategi. Sebagai bahan kajian adalah pendapat para ahli geopolitik/strategi yang terekam dalam dokumen ilmiah. Untuk mengurai konsepsi pemikiran Sarundajang diguna-kan pendekatan kompleks wilayah. Dengan mencermati pendapat dari para ahli, pada intinya geostrategi berkaitan dengan: strategi/perencanaan stratejik, pertim-bangan faktor geografis terhadap politik, kebijakan luar negeri, bertujuan mem-perkuat keamanan dan kemakmuran, dan cara untuk mencapai tujuan nasional. Geostrategi sebagai sub-bidang geopolitik, menggabungkan pertimbangan strate-jik dengan geopolitik sehingga peran militer selalu ada di dalamnya. Berdasarkan hasil pengujian bahwa strategi pembangunan ekonomi yang diwacanakan Sarundajang di luar perifer geostrategi, meskipun ditemukan beberapa bukti yang menunjukkan keberlakuan geostrategi. Bukti yang menunjukkan ketidakberlakuan geostrategi: (1) tidak memberikan penekanan pada strategi; (2) peta jalan yang disusun tidak menunjukkan perencanaan stratejik, upaya politik/diplomasi, dan/ atau upaya militer; (3) perubahan terjadi dalam jangka waktu lama; (4) strategi pembangunan bersifat lokal dan domestik, bukan kebijakan luar negeri; (5) tidak ditemukan karakter agresif yang menjadi ciri geostrategi. Geostrategi bukanlah letak/posisi, potensi, ataupun keunggulan strategis suatu wilayah seperti halnya pemahaman Sarundajang; akan tetapi merupakan kebijakan luar negeri yang ber-sifat ―stratejik-politik‖. Merujuk pendapat para ahli, disertasi Sarundajang lebih mengarah ke studi geoekonomi. Selanjutnya, bagian terbesar strategi pembangun-an ekonomi Sulawesi Utara direinterpretasi ke bidang kajian geoekonomi dengan analisis interpretif berdasarkan sepuluh variabel penciri geoekonomi dari Søilen.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: strategi pembangunan ekonomi, geostrategi, geoekonomi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Fakultas Geografi > Geografi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Nov 2014 11:21
Last Modified: 18 Oct 2021 06:42
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30685

Actions (login required)

View Item View Item