Analisis Gangguan Hubung Singkat Tiga Fase Pada Sistem Distribusi Standar IEEE 13 Bus Dengan Menggunakan Program Etap Power Station 7.0

Widianto, Fajar and , Agus Supardi, S.T., M.T and , Aris Budiman, S.T., M.T. (2014) Analisis Gangguan Hubung Singkat Tiga Fase Pada Sistem Distribusi Standar IEEE 13 Bus Dengan Menggunakan Program Etap Power Station 7.0. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
naskah_publikasi.pdf

Download (747kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (839kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (98kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (298kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (537kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (53kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (43kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB)

Abstract

Gangguan hubung singkat sering terjadi pada operasi sistem tenaga listrik yang dapat mengakibatkan terganggunya penyaluran tenaga listrik ke konsumen. Gangguan hampir selalu ditimbulkan oleh hubung singkat antar fase atau hubung singkat fase ke tanah. Suatu gangguan distribusi hampir selalu berupa hubung langsung atau melalui impedansi sehingga akan berpengaruh pada parameter – parameter yang ada pada sistem distribusi. Analisis ini bertujuan menghitung nilai gangguan hubung singkat untuk ditentukan nilai kapasitas circuit breaker sebagai pengaman ketika suatu sistem terjadi gangguan. Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis arus hubung singkat tiga fase pada sistem distribusi standard IEEE 13 bus dengan menggunakan ETAP Power Station 7.0. Penelitian dilakukan dengan membuat model sistem distribusi standar13 bus dengan menggunakan ETAP Power Station 7.0. Data-data sistem yang diperlukan kemudian dimasukkan ke dalam model tersebut. Setelah modelnya lengkap kemudian dilakukan simulasi aliran daya untuk mengetahui apakah model yang dibuat sudah sempurna atau belum. Kemudian ditentukan lokasi yang akan terjadi gangguan hubung singkat tiga fase, dalam hal ini lokasi hubung singkat dilakukan pada masing masing bus yang berada pada sistem tiga fase, antara lain pada bus 632, bus 633, bus 634, bus 671, bus 692, bus 675. Hasil simulasi menunjukkan bahwa gangguan hubung singkat tiga fase jika semakin jauh bus tersebut dari power grid, maka impedansi salurannya akan semakin besar. Semakin besar impedansi salurannya maka arus hubung singkat tiga fase akan semakin kecil, juga didapat hasil bahwa arus gangguan terbesar terjadi pada bus 634 dengan nilai gangguan 20157.00 ampere karena berada pada tegangan yang berbeda yaitu berada pada tegangan 0.48 kV dari trafo gardu induk yang di suplai dari bus 633 dari tegangan dasar sebesar 4.16 kV.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Hubung singkat tiga fase, Sistem distribusi 13 bus, ETAP Power Station 7.0
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Elektro
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 04 Nov 2014 08:00
Last Modified: 17 Oct 2021 02:52
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30680

Actions (login required)

View Item View Item