Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur ( Dp3a ) Bangunan Penelitian, Pengembangan Dan Promosi Produk Susu Sapi Di Boyolali (Sebagai Wahana Wisata Edukasi)

SETIAWAN, ANDRI (2014) Dasar Program Perencanaan Dan Perancangan Arsitektur ( Dp3a ) Bangunan Penelitian, Pengembangan Dan Promosi Produk Susu Sapi Di Boyolali (Sebagai Wahana Wisata Edukasi). Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
(3)_Halaman_Depan.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
(4)_BAB_1.pdf

Download (181kB)
[img] PDF (Bab II)
(5)_BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] PDF (Bab III)
(6)_BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
(7)_BAB_IV_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
(8)_Daftar_Pustaka.pdf

Download (95kB)
[img] PDF (Lampiran)
(9)_Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (26MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
(2)_Artikel_Publikasi_FullText.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bangunan penelitian, pengembangan dan promosi produk susu sapi di Boyolali sebagai wahana wisata edukasi adalah sebagai tempat yang menjadi wadah untuk melakukan penelitian, pengembangan dan promosi produk olahan susu sapi sekaligus sebagai tempat wisata edukasi di Kabupaten Boyolali yang terkenal dengan sebutan “Kota Susu”. Kabupaten Boyolali dikenal sebagai Kota Susu, karena merupakan salah satu sentra terbesar penghasil susu sapi segar di Jawa Tengah. Peternakan sapi perah umumnya berada di daerah selatan dan dataran tinggi yang berudara dingin, karena sapi perah yang dikembangkan saat ini berasal dari wilayah sub-tropis Australia dan Selandia Baru. Menurut Pemerintah Kabupaten Boyolali, dari total pemenuhan kebutuhan susu secara nasional, 53,43 persen disuplai dari produksi susu di Jawa Tengah, khususnya di Boyolali. Saat ini produksi susu segar di Boyolali sudah mampu mencukupi pasokan kebutuhan industri pengolah susu karena sudah mencapai sekitar 120.000 Liter per hari.Susu merupakan minuman berprotein tinggi namun merupakan bahan makanan yang mudah rusak/pecah apabila tidak langsung dihidangkan setelah proses pemerahan. Biasanya susu sapi yang tidak dilakukan proses apa pun setelah pemerahan hanya dapat bertahan selama satu hari, setelah lewat satu hari biasanya susu sapi akan basi. Kabupaten Boyolali adalah salah satu DTW (Daerah Tujuan Wisata) di Jawa Tengah terletak di lereng gunung Merapi dan Merbabu sehingga memiliki pemandangan alam yang eksotis. Kabupaten Boyolali juga memiliki Bandara Internasional yaitu Bandara Adi Sumarmo yang berjarak 25 km dari Kota Budaya Surakarta (Solo) yang merupakan koridor jalur wisata Solo - Selo - Borobudur (SSB). Pariwisata Kabupaten Boyolali sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu wisata alam, wisata air dan wisata ziarah.Dari berbagai pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwasannya Boyolali merupakan sentra penghasil susu terbesar di Indonesia khususnya di Jawa Tengah. Susu sendiri merupakan minuman berprotein dan bergizi tinggi namun mudah rusak/ basi maka perlu adanya pengolahan yang baik agar susu dapat dinikmati dalam waktu yang lama tanpa mengurangi kandungan gizi dan protein, maka penulis mempunyai inisiatif untuk membuat sebuah bangunan yang nantinya dijadikan sebagai pusat penelitian, pengembangan dan promosi produk dari olahan susu sapi. Jadi nantinya produk olahan susu bisa dikembangkan lebih banyak lagi tentunya dengan melalui penelitian oleh para ahli. Tahap akhirnya yaitu promosi produk yaitu dengan mengkonsep tempat ini menjadi wahana wisata edukasi. Jadi selain pengunjung dapat bersenang-senang di arae ini tentunya juga mendapatkan pembelajaran berbagai produk olahan susu sapi yang telah dikembangkan melalui penelitian yang sistematis.

Item Type: Karya ilmiah (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Dp3a ,Bangunan Penelitian,Promosi Produk Susu Sapi ,Wahana Wisata Edukasi
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 29 Oct 2014 14:47
Last Modified: 29 Oct 2014 14:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30666

Actions (login required)

View Item View Item