Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk,Tenaga Kerja,Tingkat Pendidikan Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Grobogan Tahun 1990-2012

ALFIYANTO, DIAN FRISTIA and , Ir. Maulidyah, I. H. SE, M.si (2014) Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk,Tenaga Kerja,Tingkat Pendidikan Dan Pengeluaran Pemerintah Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Di Kabupaten Grobogan Tahun 1990-2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (239kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (229kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (508kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (122kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (296kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini berjudul “Analisis Pengaruh Jumlah Penduduk, Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Grobogan Tahun 1990-2012”. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Jumlah Penduduk, Tenaga Kerja, Tingkat Pendidikan, dan Pengeluaran Pemerintah terhadap Pertumbuhan Ekonomi di Kabupaten Grobogan Tahun 1990-2012. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari badan pusat statistik (BPS) yang diolah dengan menggunakan analisis regresi berganda dengan metode Ordinary Least Squares (OLS). Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah produk domestik regional bruto (PDRB) sebagai variabel dependen, sedangkan jumlah penduduk, tenaga kerja, tingkat pendidikan dan pengeluaran pemerintah sebagai variabel independen. Guna menguji kevaliditasan model maka dilakukan pengujian dengan uji statistik (uji validitas pengaruh (uji t), uji F, dan koefisien determinasi R2), uji kepenuhan asumsi klasik (uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji autokorelasi, uji spesifikasi model (uji ramsey-reset), uji normalitas Ut. Hasil analisis menunjukkan bahwa dari Uji kepenuhan asumsi klasik diketahui bahwa pada uji multikolinieritas, uji heteroskedasitas, uji autokorelasi tidak ditemukan masalah sedangkan uji spesifikasi model diketahui bahwa spesifikasi model linier dan untuk uji normalitas distribusi ut normal. Uji validitas pengaruh (uji t) untuk jumlah penduduk, tenaga kerja, pengeluaran pemerintah berpengaruh signifikan terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) pada α = 5%, sedangkan tingkat pendidikan tidak berpengaruh signifikan terhadap produk domestik regional bruto (PDRB). Sedangkan uji F menunjukkan bahwa variabel jumlah penduduk, tenaga kerja, tingkat pendidikan dan pengeluaran pemerintah secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap produk domestik regional bruto (PDRB) pada α = 5%. Nilai R2 sebesar 0.990075 artinya 99,0075% menunjukkan bahwa variasi produk domestik regional bruto (PDRB) dapat dijelaskan oleh variabel jumlah penduduk, tenaga kerja, tingkat pendidikan dan pengeluaran pemerintah. Sementara sisanya 0,9925% dijelaskan oleh variabelvariabel bebas lain diluar model yang diestimasi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Produk domestik regional bruto (PDRB), Pengeluaran Pemerintah dan Ordinary Least Squares (OLS).
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 29 Oct 2014 13:38
Last Modified: 19 Oct 2021 04:39
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30661

Actions (login required)

View Item View Item