Pengaruh Komunikasi Dalam Organisasi Dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo

Prana Yoga, Ingga and , Dra. W. Mukharomah, MM. (2014) Pengaruh Komunikasi Dalam Organisasi Dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (125kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (223kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (56kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (63kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (32kB)
[img] PDF (Bab IV)
Bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB)
[img] PDF (Bab V)
Bab_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (9kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran_Lengkap.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)

Abstract

Sekolah sebagai sebuah organisasi memiliki sistem kerja atau sistem belajar yang melibatkan unit-unit. Keterlibatan tiap unit dalam organisasi membutuhkan komunikasi yang baik agar sistem dapat berjalan dengan baik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh komunikasi dalam organisasi dan kesejahteraan terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif yang penarikan kesimpulannya didasarkan pada angka-angka yang dioleh secara statistik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Negeri di Kecamatan Tawangsari Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 148 orang pada 4 SMP Negeri. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 42 orang guru. Teknik pengambilan sampel menggunakan random sampling (acak). Sumber data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh melalui kuesioner. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda, uji F, uji t, dan uji koefisien determinasi. Sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik berupa uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Komunikasi dalam organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Tawangsari. Hasil uji t memperoleh nilai thitung > ttabel (5,556 > 2,021) dengan p<0,05 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya kualitas komunikasi dalam organisasi yang meningkat, maka akan meningkatkan kinerja guru dan sebaliknya semakin rendah kualitas komunikasi dalam organisasi, maka semakin rendah pula kinerja guru; (2) Kesejahteraan berpengaruh signifikan terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Tawangsari. Hasil uji t memperoleh nilai thitung > ttabel (4,908 > 2,021) dengan p<0,05 diterima pada taraf signifikansi 5%. Artinya tinggi rendahnya kinerja guru ditentukan oleh tinggi rendahnya kesejahteraan guru. Semakin tinggi kesejahteraan guru, maka kinerja guru semakin meningkat, Sebaliknya semakin rendah kesejahteraan guru, maka semakin rendah kinerja guru.; (3) Komunikasi dalam organisasi dan kesejahteraan berpengaruh positif terhadap kinerja guru di SMP Negeri Kecamatan Tawangsari. Terbukti dari hasil analisis regresi yang memperoleh nilai Fhitung > Ftabel yaitu 56,047 > 3,23 diterima pada taraf signifikansi 5%. Semakin tinggi kualitas komunikasi dalam organisasi dan tingginya kesejahteraan guru, maka akan semakin meningkatkan kinerja guru.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kinerja guru, komunikasi organisasi, kesejahteraan
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 28 Oct 2014 13:31
Last Modified: 19 Oct 2021 07:26
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30636

Actions (login required)

View Item View Item