Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Leverage Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Publik Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2009)

Hariyadi, Rahmad and , Dr. Anton Agus Setyawan, SE., M.Si. (2014) Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan Dengan Leverage Keuangan Dan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Publik Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2006-2009). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
MAKALAH.pdf

Download (150kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (117kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_1.pdf

Download (55kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (127kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (66kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (35kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memperoleh bukti empiris mengenai pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Leverage Keuangan dan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi. Selain itu, ukuran dewan komisaris, konsentrasi kepemilikan, dan kepemilikan institusional digunakan sebagai variabel kontrol. Penelitian ini menggunakan sampel Perusahaan Manufaktur Publik yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2006-2009 dan dipublikasikan pada website Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id) dan Indonesia Capital Market Directory (ICMD). Sampel dipilih dengan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh 27 perusahaan di tiap tahun, sehingga jumlah observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 108. Hasil penelitian ini menunjukkan bukti empiris bahwa hanya ukuran perusahaan saja yang dapat memoderasi dan berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility dan kinerja keuangan perusahaan pada perusahaan manufaktur publik di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2009. Sedangkan leverage keuangan tidak dapat memoderasi dan tidak berpengaruh signifikan terhadap Corporate Social Responsibility dan Kinerja Keuangan perusahaan pada Perusahaan Manufaktur Publik di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2006-2009. Sementara itu, variabel kontrol (Kepemilikan Institusional dan Konsentrasi Kepemilikan) mempunyai koefisien regresi bernilai positif sehingga memberikan pengaruh positif terhadap kinerja keuangan perusahaan, sedangkan koefisien regresi variabel kontrol Ukuran Dewan Komisaris bernilai negatif sehingga memberikan pengaruh negatif terhadap kinerja keuangan perusahaan. Penelitian ini mempunyai keterbatasan dalam periode dokumentasi yang hanya empat tahun, sehingga hasil penelitian ini belum dapat digeneralisasi dan belum dapat merepresentasikan semua perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, sehingga disarankan dalam penelitian berikutnya dapat menambah variabel agar lebih akurat dan mempergunakan data penelitian dalam periode yang lebih lengkap yaitu misalnya lebih dari 10 tahun. Kata Kunci: Corporate Social Responsibility, kinerja keuangan perusahaan,ukuran perusahaan, leverage keuangan, ukuran dewan komisaris, konsentrasi kepemilikan, kepemilikan institusional.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, kinerja keuangan perusahaan,ukuran perusahaan, leverage keuangan, ukuran dewan komisaris, konsentrasi kepemilikan, kepemilikan institusional
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Depositing User: Mr. Edy Suparno
Date Deposited: 28 Oct 2014 12:10
Last Modified: 18 Oct 2021 04:37
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30625

Actions (login required)

View Item View Item