Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2012)

PURWANINGSIH, SITI and , Drs. Atwal Arifin, M.Si., Ak (2014) Pengaruh Corporate Social Responsibility Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (Studi Pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Pada Tahun 2010-2012). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (31kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (64kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (167kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (14kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (629kB)

Abstract

Studi ini meneliti pengaruh corporate social responsibility terhadap kinerja keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh bukti bahwa corporate social responsibility berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan yang diproksikan dengan ROA, ROE, dan EPS. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada periode tahun 2010-2012. Sampel ditentukan dengan metode purposive sampling yang menghasilkan 24 perusahaan manufaktur. Data yang digunakan adalah data sekunder berupa pooling data dari laporan tahunan (annual report) perusahaan. Dari penelitian yang dilakukan dapat diperoleh hasil bahwa corporate sosial responsibility berpengaruh terhadap return on asset (ROA) yang dapat dilihat dari uji t dengan nilai signifikan 0,000 < α (0,05). Artinya semakin tinggi tingkat CSR perusahaan maka kinerja ROA juga akan meningkat. Corporate social responsibility juga berpengaruh terhadap return on equity (ROE) yang dapat dilihat dari nilai signifikan 0,003 < α (0,05). Artinya semakin tinggi pengungkapan CSR perusahaan maka akan semakin tinggi pula tingkat pengembalian modal ke perusahaan. Corporate social responsibility berpengaruh terhadap earning per share (EPS) yang dapat dilihat dari nilai signifikan 0,024 < α (0,05). Artinya semakin tinggi pengungkapan CSR perusahaan maka akan semakin baik pula kinerja perusahaan tersebut dalam menghasilkan laba per saham.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: corporate social responsibility, return on asset, return on equity,earning per share.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 28 Oct 2014 11:48
Last Modified: 18 Oct 2021 04:13
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30622

Actions (login required)

View Item View Item