Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kelas IV Semester 2 SD Negeri 2 Bugisan Tahun Pelajaran 2013/2014

Marsudi, Marsudi and , Drs. Djalal Fuadi, MM. (2014) Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pkn Pokok Bahasan Sistem Pemerintahan Kelas IV Semester 2 SD Negeri 2 Bugisan Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (467kB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (389kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (246kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (312kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (190kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn kelas IV SD N 2 Bugisan Klaten melalui metode mind mapping pokok bahasan Sistem Pemerintahan tahun pelajaran 2013/2014. Sebelum diberikan tindakan, hasil belajar siswa kurang dan guru sudah mengupayakan alternatif pemecahannya dengan menggunakan berbagai strategi. Solusi yang ditawarkan dalam penelitian ini menggunakan strategi mind mapping. Subyek pelaksanaan tindakan siswa kelas IV SD N 2 Bugisan berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, dokumentasi, dan tes. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan yang pertama, ada peningkatan kualitas proses pembelajaran PKn setelah diadakan tindakan kelas dengan metode mind mapping. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar PKn pokok bahasan Sistem Pemerintahan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Bugisan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari meningkatnya rata-rata nilai PKn dan siswa yang memperoleh nilai di atas KKM pada setiap siklusnya, yaitu: sebelum tindakan nilai rata-rata PKn adalah 5,97 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥6,75 ada 4 anak atau 25% dari jumlah siswa, setelah siklus I meningkat menjadi 6,23 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥6,75 ada 6 anak atau 37% dari jumlah siswa, dan pada siklus II menjadi 7,39 dengan jumlah siswa yang memperoleh nilai ≥6,75 ada 15 anak dari jumlah siswa. Dengan demikian, penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan prestasi belajar PKn pokok bahasan Sistem Pemerintahan pada siswa kelas IV SD Negeri 2 Bugisan tahun pelajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Metode mind mapping, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 24 Oct 2014 08:30
Last Modified: 14 Oct 2021 06:16
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30616

Actions (login required)

View Item View Item