Hubungan Aktivitas Olahraga Dengan Pengendalian Kadar Glukosa Darah Puasa Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Rawat Jalan Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta

Budiarti, Febriana and , Endang Nur W, S.St., M.Si.Med and , Sri Maryani, S.Gz (2014) Hubungan Aktivitas Olahraga Dengan Pengendalian Kadar Glukosa Darah Puasa Penderita Diabetes Mellitus Tipe 2 Rawat Jalan Di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Diploma thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan )
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (979kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (227kB)
[img]
Preview
PDF (Bab III)
BAB_III.pdf

Download (161kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (179kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (84kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (137kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (535kB)

Abstract

PENDAHULUAN :Diabetes Mellitus (DM) merupakan penyakit gangguan metabolisme yang ditandai dengan meningkatnya glukosa darah. Salah satu penatalaksanaan DM adalah latihan jasmani. Olahraga dapat menghasilkan otot yang lebih aktif yang selanjutnya menggunakan lebih banyak glukosa sehingga menjaga kadar glukosa darah tetap terkendali. TUJUAN : Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan aktivitas olahraga dengan pengendalian kadar glukosa darah puasa penderita DM tipe 2 rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. METODE : Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif observasional dengan metode pendekatan cross sectional. Aktivitas olahraga diukur dengan menggunakan kuesioner dan kadar glukosa darah puasa diambil dari rekam medis pemeriksaan terakhir di rumah sakit. Uji hubungan menggunakan uji Chi Square. HASIL : Dari hasil analisa univariat didapatkan glukosa darah puasa responden sebagian besar tidak terkendali sebesar 26 responden (68,43%) dan aktivitas olahraga responden sebagian besar tidak baik sebesar 20 orang (52,6%). Dari uji Chi Square menunjukkan hasil analisa aktivitas olahraga dengan pengendalian kadar glukosa darah puasa di RS PKU Muhammadiyah Surakarta dengan nilai p=0,632 (>0,05) yang berarti tidak ada hubungan aktivitas olahraga dengan pengendalian kadar glukosa darah puasa penderita DM tipe 2 dengan persentase sebesar 72,3% KESIMPULAN : Tidak ada hubungan aktivitas olahraga dengan pengendalian kadar glukosa darah puasa penderita DM tipe 2 rawat jalan di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Olahraga, kadar glukosa darah puasa
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RC Internal medicine > RC1200 Sports Medicine
R Medicine > RN Nutrition
Divisions: Fakultas Ilmu Kesehatan > Gizi D3
Depositing User: Cahyana K. Widada
Date Deposited: 23 Oct 2014 11:46
Last Modified: 15 Sep 2022 07:09
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30603

Actions (login required)

View Item View Item