Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebak Tahun Ajaran 2013/2014

PURNOMO, SIGIT (2014) Peningkatan Kemampuan Menyimak Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebak Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
Halaman_Depan.pdf

Download (752kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (146kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (585kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (94kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_pustaka.pdf

Download (136kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (674kB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_Publikasi.pdf

Download (469kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Kemampuan Menyimak Melalui Penerapan Strategi Guided Note Taking pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD Negeri 03 Kebak Tahun Ajaran 2013/2014 Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang berdesain penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 03 Kebak Kab. Karanganyar tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 28 siswa. Metode pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Tekhnik analisis data menggunakan tekhnik analisis data interaktif yang terdiri dari tiga komponen, yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan meyimak siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan menyimak. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pencapaian tahapan kemampuan menyimak dan hasil belajar siswa. Untuk tahapan kemampuan menyimak pada pra siklus 47,9%, siklus I pertemuan I 41,60%, siklus I pertemuan II 54,15%, siklus II pertemuan I 70,81%, dan pada siklus II pertemuan II 85,40%. Sedangkan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus adalah 63,7 dan 50% siswa mencapai nilai tuntas. Pada siklus I pertemuan I nilai rata-rata naik menjadi 56,7 dengan 14,28% siswa mencapai nilai tuntas dan pada pertemuan II 57,8 dengan 32,14% siswa mencapai nilai tuntas. Sedangkan nilai rata-rata pada siklus II pertemuan I naik menjadi 78.0 dengan 62,28% siswa mencapai nilai tuntas dan pada pertemuan II naik menjadi 79,3 dengan 82,14% siswa mencapai nilai tuntas. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan strategi pembelajaran Guided Note Taking dapat meningkatkan kemampuan menyimak pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas V di SD Negeri 03 Kebak tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kemampuan, menyimak, strategi, guided, note, taking,
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Oct 2014 14:47
Last Modified: 17 Dec 2018 07:47
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30600

Actions (login required)

View Item View Item