Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Kesiapsiagaan Siswa Dalam MenghadapiBencana Gempa Bumi Di SMP Negeri 2 Gantiwarno Kabupaten Klaten

NURCAHYANINGSIH, ALIKHA INDAH (2014) Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Tingkat Kesiapsiagaan Siswa Dalam MenghadapiBencana Gempa Bumi Di SMP Negeri 2 Gantiwarno Kabupaten Klaten. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (978kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (70kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (18kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (17kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (548kB)

Abstract

Siswa merupakan salah satu korban yang rentan terhadap bencana, oleh karena itu siswa harus memiliki pengetahuan tengtang kesiapsiagaan dalam menghadapi bencana di lingkungan tempat tinggal mereka termasuk Sekolah. Media pembelajaran merupakan suatu alat bantu yang dapat dijadikan penyalur kegiatan pembelajaran kebencanaan yang dapat meningkatkan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh penggunaan media pembelajaran terhadap tingkat kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi. Objek penelitian ini adalah media pembelajaran. Data yang diperoleh berupa hasil kuesioner yang memuat tiga puluh tiga indikator kesiapsiagaan siswa dalam mengahadapi bencana gempa bumi. Kuesioner diberikan sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah diskriptif kuantitatif dengan metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, populasi dalam penelitian ini sejumlah 686 siswa SMP Negeri 2 Gantiwarno. Sampel diambil secara acak sebanyak 87 siswa. Adapun variabel penelitaian ini adalah variabel independen dan variabel dependen. Teknik uji persyaratan analisis menggunakan uji coba angket, uji validitas, uji rehabilitas serta uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa tingkat kesiapsiagaan siswa SMP Negeri 2 Gantiwarno sebelum menggunkan media pembelajaran siswa kelas VII nilai indeks sebesar 44,39 kategori kurang siap, siswa kelas VIII nilai indeks sebesar 50,35 kategori kurang siap, sedangkan kelas IX nilai indeks 55,88 kategori hampir siap. Sedangkan tingkat kesiapsiagaan sesudah menggunakan media pembelajaran siswa kelas VII nilai indeks 58,64 kategori kurang siap, dan kelas VIII nilai indeks 75, 21 pada kategori Siap, kelas IX nilai indeks sebesar 73,93kategori Siap. Penggunaan media pembelejaran berpengaruh terhadap tingkat kesiapsiagaan siswa SMP Negeri 2 Gantiwarno.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kesiapsiagaan, Bencana, Gempa Bumi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Oct 2014 12:10
Last Modified: 22 Oct 2014 12:15
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30590

Actions (login required)

View Item View Item