Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di SMA Negeri 1 Gantiwarno

Wulandari, Fajar and , Drs. Dahroni, M.Si (2014) Pengaruh Penggunaan Media Video Terhadap Kesiapsiagaan Siswa Dalam Menghadapi Bencana Gempa Bumi Di SMA Negeri 1 Gantiwarno. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
Naskah_publikasi.pdf

Download (7MB)
[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
halaman_depan.pdf

Download (23MB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
Bab_1.pdf

Download (798kB)
[img] PDF (Bab II)
Bab_2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (104kB)
[img] PDF (Bab III)
Bab_3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] PDF (Bab IV)
bab_4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (44kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (16kB)
[img] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49MB)

Abstract

Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi di SMA Negeri 1 Gantiwarno yang mengalami kerusakan akibat bencana gempa bumi. Kesiapsiagaan yang harus dimiliki siswa untuk mengurangi dampak bencana. penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media video terhadap kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi di SMA Negeri 1 Gantiwarno. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan deskriptif kuantitatif yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis menggunakan metode Kolmogorov Smirnov untuk uji normalitas dan metode Levene Test untuk uji homogenitas, dengan populasi siswa SMA Negeri 1 Gantiwarno sebagai kelompok siswa yang rentan terhadap bencana gempa bumi di sekolah. Sampel yang diambil yaitu 50 siswa dari kelas X, XI IPA 1, XI IPA 2, XI IPS 1, XII IPA 1, XII IPA 2, XII IPS 1, XII IPS 2. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa 1) Hasil perolehan data diketahui dapat meningkatkan kesiapsiagaan siswa SMA Negeri 1 Gantiwarno dalam menghadapi bencana gempa bumi. Nilai indeks gabungan kesiapsiagaan siswa sebelum diberikan media video adalah 63,83 termasuk kategori hampir siap dengan presentase sangat siap (10%), siap (32%), hampir siap (44%), kurang siap (12%) dan belum siap (2%), sedangkan tingkat kesiapsiagaan siswa SMA Negeri 1 Gantiwarno dalam menghadapi bencana gempa bumi sesudah diberikan media video dengan perolehan nilai 78,79 termasuk kategori siap dengan presentase sangat siap (46%), siap (36%), hampir siap (16%), kurang siap (2%) dan belum siap (0%). 2) Penggunaan media video dapat meningkatkan kesiapsiagaan siswa dalam menghadapi bencana gempa bumi.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Kesiapsiagaan, Bencana Gempa Bumi
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Geografi
Depositing User: Munawar Munawar
Date Deposited: 22 Oct 2014 11:50
Last Modified: 15 Oct 2021 14:31
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30589

Actions (login required)

View Item View Item