Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas IV SD Negeri Godog 02 Tahun Pelajaran 2013/2014

Irawan, Dani and , Drs. Mulyadi, SK.,S.H., M.Pd. (2014) Meningkatkan Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Menggunakan Metode Pembelajaran Role Playing Siswa Kelas IV SD Negeri Godog 02 Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
2._HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (621kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
3._BAB_I.pdf

Download (150kB)
[img] PDF (Bab II)
4._BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)
[img] PDF (Bab III)
5._BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] PDF (Bab IV)
6._BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] PDF (Bab V)
7._BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
8._Daftar_Pustaka.pdf

Download (86kB)
[img] PDF (Lampiran)
9._LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
9RR._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (674kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara menggunakan Bahasa Indonesia dengan baik dan benar melalui metode pembelajaran role playing siswa kelas IV SD Negeri Godog 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Subjek dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri Godog 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo yang berjumlah 14 siswa, sementara guru kelas IV SD Negeri Godog 02 Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo sebagai partner kolaborasi sekaligus sebagai sumber data. Data dikumpulkan melalui metode observasi, wawancara, catatan lapangan, dan metode tes. Rancangan penelitian tindakan yang dipilih yaitu model siklus terdiri dari dua siklus. Setiap siklus meliputi unsur perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif mempunyai empat buah komponen pokok yaitu pengumpulan data, reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan. Dari hasil analisis data menunjukkan dengan penerapan metode pembelajaran Role Playing dapat meningkatkan keterampilan berbicara pada siswa kelas IV SD Negeri Godog 02 tahun ajaran 2013/2014. Ketuntasan belajar siswa pada siklus II telah mencapai hasil optimal yaitu 100%, kemudian persentase keterampilan berbicara siswa mencapai 88,95% sehingga telah memenuhi indikator penelitian yang telah ditetapkan.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: role playing, keterampilan, berbicara
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Oct 2014 11:25
Last Modified: 17 Oct 2021 05:23
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30586

Actions (login required)

View Item View Item