Peningkatan Kreativitas Belajar Dalam Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bulakan 02 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014

Pebriyanto, Galih Catur and , Ratnasari Diah Utami,S.Pd., M.Si. (2014) Peningkatan Kreativitas Belajar Dalam Mata Pelajaran IPS Melalui Penerapan Metode Pembelajaran Penemuan Terbimbing Pada Siswa Kelas V SD Negeri Bulakan 02 Kecamatan Sukoharjo Kabupaten Sukoharjo Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
COVER.pdf

Download (720kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (210kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (571kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (89kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (530kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kreativitas belajar siswa pada siswa kelas V SD Negeri 02 Bulakan melalui penerapan metode pembelajaran Penemuan Terbimbing. Subyek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V SD Negeri 02 Bulakan Sukoharjo tahun pelajaran 2013/ 2014. Sedangkan obyek penelitian adalah kreativitas yang berdampak pada hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Hasil observasi menunjukkan adanya peningkatan kreativitas belajar siswa. Peningkatan tersebut terlihat dalam 3 indikator kreativitas belajar yaitu pada pra siklus pencapaian indikator mengikuti kegiatan pembelajaran IPS dengan keaktifan siswa dalam bertanya dan menjawab pertanyaan pada prasiklus 55% meningkat menjadi 93,57% pada siklus II. Memperhatikan penjelasan guru dengan memahami isi materi pada pra siklus 58% meningkat menjadi 92,85% pada siklus II. Tanggung jawab siswa dalam kegiatan pembelajaran pada pra siklus 47,85% meningkat menjadi 94,28% pada siklus II. Selain itu kreativitas belajar siswa juga mengalami peningkatan pada pra siklus sebanyak 21 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 60%, pada siklus I 30 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 87,72%, dan pada siklus II 34 siswa yang mencapai KKM atau sebesar 97,14%. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan metode Penemuan Terbimbing dapat meningkatkan kreativitas belajar dan hasil belajar pada siswa kelas V SD Negeri Bulakan 02 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/ 2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: kreativitas, belajar, metode, Penemuan Terbimbing
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Oct 2014 09:53
Last Modified: 17 Oct 2021 05:21
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30585

Actions (login required)

View Item View Item