Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SDN II Manjung Wonogiri

Puspitasari, Dian Ayu and , Drs. Muhroji, M.Si, (2014) Peningkatan Motivasi Belajar Ips Melalui Media Audio Visual Pada Siswa Kelas IV SDN II Manjung Wonogiri. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (790kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (145kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (330kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (490kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (194kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf

Download (11kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)
[img]
Preview
PDF (naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (571kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar IPS melalui media audio visual pada siswa kelas IV SDN II Manjung Wonogiri. Jenis peneitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua kali siklus dan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas IV SDN II Manjung dengan jumlah siswa 16. Subjek pelaksanaan tindakan adalah guru kelas (peneliti). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriftif kualitatif dengan menggunakan metode alur yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah menunjukan adanya peningkatan motivasi belajar IPS dengan menggunakan media audio visual. Hal ini dapat dilihat dari: motivasi sebelum tindan (1) Tekun menghadapi tugas 46,88% (2) Ulet menghadapi kesulitan 51,56% (3) Menunjukkan minat belajar 51,56% (4) Lebih senang bekerja mandiri 51,56% (5) Cepat bosan pada tugastugas rutin 54,69% (6) Dapat mempertahankan pendapatnya 51,56% (7) Tidak mudah melepaskan hal yang diyakini 54,69% (8) Senang memecahkan masalah soal-soal 39,06%, dengan rata-rata 50,2%. Siklus I (1) Tekun menghadapi tugas 69,53% (2) Ulet menghadapi kesulitan 69,53% (3) Menunjukkan minat belajar 71,88% (4) Lebih senang bekerja mandiri 68,75% (5) Cepat bosan pada tugastugas rutin 70,31% (6) Dapat mempertahankan pendapatnya 70,31% (7) Tidak mudah melepaskan hal yang diyakini 67,19% (8) Senang memecahkan masalah soal-soal 70,31%, dengan rata-rata 69,75%. Siklus II meningkat menjadi 1) Tekun menghadapi tugas 89,84% (2) Ulet menghadapi kesulitan 89,06% (3) Menunjukkan minat belajar 87,50% (4) Lebih senang bekerja mandiri 85,93% (5) Cepat bosan pada tugas-tugas rutin 86,71% (6) Dapat mempertahankan pendapatnya 85,93% (7) Tidak mudah melepaskan hal yang diyakini 84,37% (8) Senang memecahkan masalah soal-soal 79,68%, dengan rata-rata 86,13%. Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai KKM (65) rata-rata klasikal sebelum tindakan 54,68, siklus I 62,81, siklus II 75,78. Kesimpulan penelitian ini adalah melalui penggunaan media audio visual dalam pembelajaran, dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas IV SDN II Manjung Wonogiri.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, media audio visual
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Oct 2014 09:44
Last Modified: 17 Oct 2021 05:14
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30584

Actions (login required)

View Item View Item