Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014

Rahayu, Anna Ulfah and , Drs. Djumadi, M.Kes (2014) Penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
LAMPIRAN_DEPAN.pdf

Download (491kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
BAB_I.pdf

Download (160kB)
[img] PDF (Bab II)
BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB)
[img] PDF (Bab III)
BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (485kB)
[img] PDF (Bab IV)
BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (538kB)
[img] PDF (Bab V)
BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (371kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar melalui pembelajaran kooperatif model Picture and Picture dan model konvensional pada pokok materi Keanekaragaman Mahluk Hidup dan Upaya Pelestariannya siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Kelas yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah dua kelas, dipilih secara acak. Kelas yang digunakan penelitian diberi perlakuan yang berbeda dengan materi yang sama. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode dokumentasi, observasi, dan post test. Analisa data Uji statistik menggunakan uji validitas, reliabilitas, derajat kesukaran dan daya beda soal. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, uji prasyarat (normalitas dan homogenitas) dan uji hipotesis dengan One way Anova (anova satu jalan). Hasil pengujian hipotesis menggunakan taraf 5% (0,05). Nilai rata-rata pada kelas eksperimen Picture and Picture adalah 83,34 dan pada kelas kontrol adalah 71,43. Berdasarkan hasil analisis data, maka diperoleh kesimpulan yaitu ada perbedaan hasil belajar biologi pada siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 7 Surakarta. Penerapan model pembelajaran Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar di SMP Muhammadiyah 7 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional atau ceramah.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Picture and Picture, Konvensional, Hasil belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Oct 2014 08:29
Last Modified: 19 Oct 2021 00:25
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30579

Actions (login required)

View Item View Item