Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Motivasi Belajar Melalui Media Audio Pada Mapel Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah Baturan Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014

Fitrianto, Sugeng and , Drs. Mulyadi, M.Pd (2014) Upaya Meningkatkan Keterampilan Menyimak Dan Motivasi Belajar Melalui Media Audio Pada Mapel Bahasa Indonesia Kelas III Di SD Muhammadiyah Baturan Colomadu Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

[img]
Preview
PDF (Halaman Depan)
03.HALAMAN_DEPAN.pdf

Download (821kB)
[img]
Preview
PDF (Bab I)
04.BAB_I.pdf

Download (176kB)
[img] PDF (Bab II)
05.BAB_II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (304kB)
[img] PDF (Bab III)
06.BAB_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB)
[img] PDF (Bab IV)
07.BAB_IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (784kB)
[img] PDF (Bab V)
08.BAB_V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
09.DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (92kB)
[img] PDF (Lampiran)
10.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img]
Preview
PDF (Naskah Publikasi)
02.NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Download (550kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menyimak dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan media audio. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yaitu merupakan suatu jenis peneltian yang dilakukan oleh guru peneliti untuk memecahkan masalah pembelajaran dikelas. Subyek penelitian ini adalah guru peneliti dan siswa kelas III SD Muhammadiyah Baturan, Kecamatan Colomadu Kabupaten Karanganyar yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini melalui wawancara, dokumentasi, observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga tahap yakni reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan keterampilan menyimak dan motivasi belajar melalui media audio. Hal ini dapat dilihat dari hasil pelaksanaan pembelajaran mengenai keterampilan menyimak dengan indikator pemahaman, interpretasi, perhatian dan apresiasi rata-rata prosentase pada pra siklus 50%, siklus I mencapai prosentase 63%, dan siklus II mencapai prosentase 82%. Sedangkan untuk motivasi belajar siswa yang terdiri dari indikator perhatian, disiplin, keaktifan bertanya, memberi tanggapan dan antusias siswa rata-rata prosentase pada pra-siklus 49%, siklus I 66%, siklu II 79%. Kesimpulan penelitian ini bahwa penerapan media audio pada mapel bahasa Indonesia dapat meningkatkan keterampilan menyimak dan motivasi belajar kelas III di SD Muhammadiya Baturan Colomadu tahun ajaran 2013/2014.

Item Type: Karya ilmiah (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: keterampilan menyimak, motivasi belajar, media audio.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Ari Fatmawati
Date Deposited: 22 Oct 2014 07:40
Last Modified: 14 Oct 2021 12:45
URI: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/30576

Actions (login required)

View Item View Item